Cara Mematikan Genset dengan Benar dan Aman

Cara untuk Mematikan Genset Dengan Baik dan Benar (Dok : dekoruma.com)

epanrita.net – Proses menghidupkan atau mematikan genset adalah salah satu hal yang penting untuk diketahui dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Akan terjadi hal yang tidak diinginkan kalo kita melakukannya tanpa mempelajarinya terlebih dahulu. Yang akhirnya bisa membuat semua pihak rugi.

Faktanya untuk mematikan genset itu tidak perlu orang yang mempunyai keahlian khusus. Tapi ada beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum anda mau menghidupkan atau mematikan genset. Genset akan bekerja dengan optimal ketika kita sudah memahami cara kerjanya dengan baik, dan genset bisa awet dan tidak cepat rusak.

Cara Mematikan Genset

Setelah genset selesai dipakai, tentunya anda juga harus mematikannya. Bagaimana cara mematikannya? Simak caranya dibawah ini dengan teliti.

1. Jangan langsung mematikan usai menggunakannya

Cara mematikan genset yang baik adalah tidak langsung mematikan setelah Anda menggunakannya. Ini merupakan teknik penggunaan genset yang baik dan dianjurkan. Jika langsung mematikannya, kemungkinan ada komponen-komponen di dalam genset yang akan rusak.

2. Pastikan komponen listrik sudah tidak tersambung

Langkah selanjutnya, Anda harus memastikan bahwa semua komponen listrik dengan genset sudah tidak tersambung lagi. Ini merupakan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian.

Jangan sampai lengah ketika memeriksa hal ini. Jika beberapa komponen masih tersambung, maka komponen di dalam genset pun bisa mengalami kerusakan. Jadi, selalu pastikan semua komponen listrik yang tersambung dengan genset benar-benar telah dicopot.

3. Matikan dengan prosedur yang tepat

Kedua langkah di atas merupakan prosedur yang paling tepat dalam mematikan genset. Jika Anda menjalankannya dengan baik, maka genset akan bisa digunakan dengan lebih optimal. Genset pun bisa digunakan dengan lebih awet.

4. Simpanlah di tempat yang aman

Langkah terakhir yang paling penting untuk diperhatikan adalah meletakkan genset yang telah dimatikan di tempat yang aman. Jangan meletakkan genset di tempat yang begitu terbuka dan mudah dijangkau anak-anak. Dengan meletakkannya di tempat aman, komponen di dalam genset pun akan lebih terjaga keamanannya.

Kesimpulan

Proses mematikan genset dengan cara yang benar itu tenyata cukup mudah, hanya dengan 4 langkah di atas maka anda sudah bisa mematikan genset secara aman tanpa khawatir akan hal buruk bisa terjadi. Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Pos terkait