Proses Pembuatan Abu Gosok dari Sekam Padi

Pembuatan Abu Gosok dari Sekam Padi, Doc - suarapos co

epanrita.net – Di artikel kali ini, kami akan membahas sebuah tutorial proses pembuatan abu gosok dari sekam padi dengan peralatan yang sederhana dan tentunya sangat mudah untuk bisa kita pahami.

Persiapan Alat dan Bahan

Berikut ini adalah persiapan alat dan juga bahan yang dibutuhkan untuk membuat abu gosok dari sekam padi.

  1. Sekam. Pilih sekam yang kering agar saat pembakaran hasilnya akan sempurna.
  2. Tong besi: Tong besi ini bertujuan supaya sekam yang telah kita bakar dan telah berubah menjadi bara itu terdapat sedikit kontak dengan oksigen, sehingga tidak nantinya tidak mempermudah sekam menjadi abu. Diusahakan pada bagian bawah tong tersebut diberi lubang kecil sebagai tempat drainase/pembuangan air ketika kita mematikan bara dengan air setelah selesai.
  3. Pipa besi berdiameter 3 dim.
  4. Kaleng bekas biskuit.
  5. Arang.
  6. Minyak tanah secukupnya.
  7. Gembor: Untuk mematikan bara supaya tidak menjadi abu.
  8. Sekop: Untuk memanen sekam.

Proses Pembakaran Sekam

Selanjutnya masuk pada tahap pembakaran. Pada tahap ini, kita membakar arang sebagai pemicu bara. Cara lainnya bisa menggunakan potongan kayu, atau yang lainnya, supaya bisa menjadi pemicu adanya bara. Setelah dirasa sudah cukup membara, maka bisa dimasuan ke dalam tong yang sudah disiapkan tadi. Letakkan persis di bagian tangah tong dan pasang cerobong untuk celah keluar asapnya.

Langkah selanjutnya kita asukkan sekam kerin yang sudah tadi disiapkan, lalu ratakan dengan tanah. Sebelum dipenuhi, kita tunggu terlebih dahulu sampai cerobong asap mengeluarkan asap. Ketika asapnya keluar, maka bagian bawah sekamnya sudah dipastikan mulai terbakar. Kemudian kita tinggal memasukkan sekam yang lainnya sampai penuh.

Kita juga bisa menekan sekam tersebut dengan tangan supaya sekam padinya lebih padat. Dan mengisinya kembali sampai penuh, kemudian tekan lagi sambil diratakan. Tahap selanjutnya kita tinggal menunggu sekitar 8-12 jam dan nanti kita tinggal menyiram serta memanennya.

Setelah 6 jam, dapat dipastikan sekam padi tersebut terbakar sepenuhnya dengan ditandai tidak adanya asap dari pipa besi. Selanjutnya kita bisa menyiram sekam padi tersebut dengan gembor yang telah disiapkan. Kita juga bisa mengecek di bagian atas biasanya sekam padi tersebut ada yang belum terbakar secara sempurna, akan tetapi hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan, karena jika kita lihat ke bagian dalamnya, terlihat dengan jelas semuanya sudah menjadi arang sekam.

Selanjutnya, cerobong bisa kita ambil dan bisa langsung memanen menggunakan sekop yang sudah kira sediakan. Apabila kita melihat dari bentuknya, maka terlihat sekam padi tersebut terbakar secara sempurna dan juga bentuknya masih utuh.

Pos terkait