Tata Cara Menggosok Gigi yang Benar

Tata Cara Menggosok Gigi yang Benar (Dok : facetofeet.com)

epanrita.net – Perlu kita ketahui merawat kesehatan gigi dan mulut itu sama pentingnya seperti kita menjaga daya tahan tubuh. Ini sangat penting dikarenakan mulut itu adalah pintu utama masuknya sumber-sumber penyakit yang bisa menyebabkan kesehatan pada tubuh kita menurun. Tapi sungguh disayangkan karna masih banyak orang yang mengabaikan hal tersebut.

Salah satu contoh masyarakat mengabaikan kesehatan gigi adalah salah satunya malas untuk menggosok gigi, padahal menggosok gigi adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh manusia agar terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.

Menyikat gigi menggunakan gerakan putaran yang sangat lembut dapat menghilangkan plak yang ada di gigi. Kamu harus mengetahui kalo plak gigi yang tidak diangkat akan mengeras dan mampu menyebabkan radang gusi yang berbahaya bagi gigi.

Berikut ini adalah tata cara lengkap menggosok gigi yang benar:

Poster Cara Menggosok Gigi yang Benar

Cara menggosok gigi yang baik dan benar (Dok : tribunnewss.github.io)

Menggosok gigi seharusnya diawali dengan menggosok lidah. Penting bagi kita untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari bakteri yang bisa membuat mulut jadi bau. Seperti menggosok gigi, lidah juga penting dibersihkan menggunakan pasta gigi. Dengan menyikat lidah secara lembut agar tidak melukai lidah.

Setelah itu, menggosok gigi juga dimulai dari mengatur posisi sikat gigi. Posisi yang sangat baik adalah dengan teknik 45 derajat menghadap ke bawah gusi. Manfaatnya untuk membersihkan bekas makanan yang hinggap supaya tidak menjadi plak.

Tahapan cara menggosk gigi yang benar yaitu tidak terlalu terpaku pada peraturan tertentu. Menggosok gigi bisa dimulai dari depan atau samping yang berupa gigi seri dan gigi geraham. Tetapi, pastikan untuk menyikat gigi selama sekitar 20 detik untuk setiap bagian.

Untuk permukaan gigi bagian depan, khusus bagi kamu untuk pegang sikat gigi secara vertikal yang berupa gerakan ke atas dan ke bawah dengan waktu kurang lebih 2o detik. Pakailah ujung sikat gigi untuk menjangkau bagian gigi yang sempit.

Pastikan untuk menjangkau seluruh bagian gigi, terutama bagian gigi terdalam karena di situlah tempat bakteri bersarang karena sulit dijangkau. Terakhir, bilas mulut dengan air hingga bersih, tanpa menyisakan pasta gigi ataupun busa di rongga mulut.

Pos terkait