Proses Pembuatan Magnet Dengan Teknik Digosok

Proses Pembuatan Magnet Dengan Teknik Digosok (Dok : Sciencing )

epanrita.net – Magnet merupakan benda dengan kemampuan bisa menarik benda lain yang terbuat dari logam, tentunya tidak semua jenis logam bisa ditarik oleh magnet. Faktanya, membuat sebuah magnet itu rupanya cukup mudah, salah satunya dengan cara digosok.

Kita bisa mendapatkan bahan untuk membuat magnet secara alami maupun dengan membuatnya langsung. Rupanya bahan untuk membuat magnet  ini sering kita jumpai dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi, kebanyakan orang tidak tahu cara untuk membuat magnet buatan yang bisa bertahan permanen maupun sementara.

Seluruh benda yang terbuat dari logam  dan besi  bisa dibuat magnet, tentunya menggunakan tata cara khusus pembuatan magnet. Ada 3 cara pembuatan magnet, bisa dengan cara digosok, dialiri arus listrik dan menggunakan induksi magnetik. Dan disini akan dibahas secara lengkap tata cara pembuatan magnet dengan cara digosok mulai dari alat dan bahan hingga langkah kerjanya. Simak dengan teliti tulisan dibawah ini agar dapat dipahami dengan baik.

Pembuatan Magnet Dengan Cara Digosok

Cara Membuat Magnet dengan Sentuhan (Menggosok)

Ketika kita mempunyai sebatang besi atau sebatang baja,  besi atau baja yang kita punya tersebut tidak akan bisa menarik benda-benda lain yang terbuat dari logam. Karena apa? karena besi dan baja yang kita miliki belum punya sifat layaknya magnet yang bisa menarik benda-benda logam yang berada dekat disekitarnya.

Cara membuat besi dan baja mempunyai sifat layaknya magnet salah satunya adalah dengan cara digosok. Dibawah ini merupakan tata cara lengkap untuk bisa membuat bisa atau baja menjadi magnet.

Alat dan Bahan

  1. Satu buah magnet tetap
  2. Satu batang besi
  3. Beberapa buah jarum

Langkah Pembuatan

  1. Pertama-tama peganglah magnet, setelah itu gosok-gosok ujung magnet dengan permukaan besi dari bawah ke atas
  2. Gosokan magnet ke besi dengan menggunakan metode 1 arah dan lakukan secara berulang.
  3. Lakukan penggosokan ini paling sebentar 5 menit.
  4. Coba dekatkan jarum dengan besi yang sudah digosok magnet tadi.
  5. Ketika jarum sudah bisa ditarik oleh besi, artinya anda berhasil membuat besi yang mempunyai sifat kemagnetan.

Batang besi yang sudah digosok dengan magnet akan berubah menjadi magnet dalam beberapa saat. Sifat kemagnetan dalam besi tersebut akan bertahan lama ketika kita menggosok besi menggunakan magnet dengan durasi lebih lama lagi. Benda yang terbuat dari besi akan lebih mudah mempunyai sifat magnet dibanding benda yang terbuat dari baja.

Mengapa benda yang terbuat dari besi dan baja bisa dengan mudah mempunyai sifat kemagnetan? Karena besi dan baja mempunyai perwujudan yang tersusun meliputi atom-atom magnet dan domain-domain magnet yang biasa dikenal dengan istilah magnet elementer. Besi mempunyai arah atau susunan magnet elementer yang tidak teratur bentuknya.

Saat besi maupun baja digosok dengan magnet dalam 1 arah, susunan magnet elementer pada besi tersebut menjadi lebih terarah serta teratur. Benda yang memiliki sifat kemagnetan yaitu ketika arah magnet elementer dalam benda tersebut sudah teratur.

Pos terkait