Cara Menggosok Batu Akik Agar Mengkilap

Cara Menggosok Batu Akik Agar Mengkilap + Video Tutorial ( Dok. Epanrita.Net )

epanrita.net – Cincin batu akik memang mudah kotor bila di pakai setiap hari, debu sering kumpul di celah-celah batu akik dan cincin. Selain debu, keringat dan timbunan uap air di udara meninggalkan lapisan tipis pada batu akik yang terlihat kusam. Cara mudah untuk mengkilatkan batu akik cincin tidak dapat dipisahkan dari proses pembersihan dan pencucian harus benar supaya tidak merusak bagian tampilan batu.

Berbeda dengan batu yang lainnya seperti berlian, rubi, dan safir yang terbentuk akibat proses pengkristalan mineral tunggal, pada dasarnya batu akik merupakan batu biasa, bukan murni kristal. Mengetahui bagaimana batu terbentuk dapat membantu Anda memahami sifat batu yang memungkinkan air menembus lebih mudah dari pada kristal, bahkan anda bisa memahami cara mengkilapkannya batu akik.

Cara Merawat Batu Akik Agar Mengkilap

Cara membuat batu akik mengkilap adalah dengan mengetahui bahwa beberapa batu akik tembus pandang seperti bacan, amethyst, sapphire, topaz, kalsedon, sungai dareh, lavender lebih aman untuk dicuci dengan air karena lebih padat. Di sisi lain, onyx, kalimaya (opal), pirus, macan, giok lebih sensitif terhadap air karena porositasnya yang tinggi.

Cara Membeningkan Batu Akik Tembus Cahaya :

1. Saat mencuci batu akik di dalam atau di dekat bak cuci, tutup atau pasang saringan pembuangan untuk mencegah batu akik mengalir ke bawah.

2. Sabun cuci piring dapat digunakan sebagai alat pembersih batu akik. Larutkan 1 sendok teh cairan pencuci piring seperti Sunlight dalam mangkuk kecil air. Tidak semua jenis batu akik tahan terhadap air panas, sehingga aman digunakan air biasa.

3. Tambahkan batu akik ke dalam larutan dan rendam hingga 3 menit.

4. Tetap dalam larutan sabun. Gunakan sikat gigi  yang berbulu lembut untuk menggosok batu akik hingga mengkilat. dan menghilangkan kotoran dari celah sempit di belakangnya.

5. Lalu angkat batu akik dan siram dengan air yang bersih.

6. Bersihkan batu akik dengan kain mikrofiber untuk menyerap sisa air. Salah satu cara untuk membuat batu cincin mengkilat adalah dengan mengeringkannya.

5 Cara Membersihkan Batu Akik dengan Bahan Alami

Daun Pisan Kering / Kalaras.

Metode ini merupakan metode kuno yang telah dilakukan leluhur kita sejak zaman dahulu. Meskipun metode ini tergolong metode tradisional dan kuno, namun sangat efektif untuk memoles batu akik.

Aluminium Foil

Gosok batu akik dengan aluminium foil. Temukan bungkus roko, lalu keluarkan kertas dengan lapisan aluminium foil. Sangat mudah untuk menggosok batu secara perlahan ke dalam aluminium foil. Jangan menekan batu terlalu banyak. Gunakan bantalan lembut, seperti busa atau karet, bahan yang tidak membuat batu tertekan.

Menggunakan Bambu

Disarankan menggunakan bambu hitam. Metode ini banyak digunakan, tetapi harus digunakan dengan hati-hati. Pilih bambu muda karena tekstur bambu muda lebih lembut dari bambu tua. Jadi menggosok jauh lebih aman.

Menggunakan Kulit

Permukaan halus (tidak kasar) digunakan untuk menggosok batu dengan kulit. Temukan ikat pinggang, tas, atau bahan lainnya. Braket terbuat dari kulit. Kemudian gosok dengan lembut. Dan mari kita lihat hasilnya…

Menggunakan Kain Kering

Selalu gunakan kain yang agak tebal untuk menggosok batu sampai mengkilap. Cara ini direkomendasikan oleh banyak pedagang batu akik. Kita bisa melakukan ini dengan seenaknya. Kerah gosok yang dikenakan di atas celana panjang atau barang-barang lainnya.

Pos terkait