Wisatawan Diimbau Antisipasi Suhu Dingin saat Hadiri Dieng Culture Festival

Wisatawan Diimbau Antisipasi Suhu Dingin saat Hadiri Dieng Culture Festival ( Dok. Kompas com )

epanrita.net – Wisatawan yang menghadiri Festival Budaya Dieng ke-13 (DCF XIII) yang diadakan pada 2-4 September 2022 disarankan untuk bersiap menghadapi suhu dingin di Jawa Tengah, Kabupaten Banjarnegara, dan Dataran Tinggi Dieng.

“Bagi wisatawan yang belum pernah kenginap di daerah bersuhu sangat dingin seperti Dieng, kami saran harus dalam kondisi sehat dan senantiasa mengonsumsi vitamin,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa dan Ketua Panitia DCF XIII, Alif Faozi, dikutip dari Antara, Selasa (23/8/2022).

Dia juga menyarankan wisatawan yang ingin bermalam untuk mengenakan pakaian ganda dan jaket tebal, seperti jaket kutub dengan bulu angsa di bagian dalam.

“Kami juga imbau wisatawan (yang) berkunjung ke Dieng agar sering berkoordinasi dengan panitia. Kami sudah bekerja sama dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Dinas Kesehatan, PMI (Palang Merah Indonesia), dan sebagainya,” ujarnya.

Jika wisatawan ingin melihat embun yang terjadi saat suhu di Ding di bawah nol derajat Celcius, bisa menikmatinya di sekitar kompleks candi Arjuna dan ladang pandawa, ujarnya.

Opus Dew juga dikenal dengan nama Ice Dew. Sulit untuk memprediksi kemunculan fenomena ini.

Sebagai referensi, DCF XIII dihentikan untuk pertama kalinya tahun ini setelah dicampur selama dua tahun.

Salah satu kegiatan yang paling ditunggu adalah hari kedua Rotan atau DCF XIII untuk anak-anak kuncir.

Pos terkait