Fakta Menarik Kuala Kencana Kota Modern yang Tersembunyi Dikawasan Papua

Kuala Kencana, Kota Modern yang Tersembunyi di Belantara Papua (dok: Good News From Indonesia)

epanrita. net – Belakangan ini muncul nama Kuala Kencana sebagai kota modern. Kuala secara harfiah berarti pertemuan dua sungai. Sedangkan Kencana berarti emas.

Dapat diartikan, Kuala Kencana berarti pertemuan dua sungai yang mengandung emas.

Nama Kuala sering dipakai untuk menyebut suatu wilayah. Berbagai nama kota umum menggunakan kata Kuala sebagai awalan kota. Misalnya Kuala Lumpur di Malaysia, Kuala Baru di Aceh atau Kuala Indah di Jambi.

Seperti yang diharapkan, Kuala Kencana adalah nama kotanya. Namun berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia, Kuala Kencana berada di tengah hutan luas.

Kota ini juga disebut sebagai kota modern pertama di Indonesia. Kuala Kencana, dilansir dari Wikipedia, adalah sebuah kawasan di Kota Timika, Kabupaten Timika, Papua.

Kota tersebut diresmikan pada tanggal 5 Desember 1995 oleh Presiden Soeharto. Seluruh kawasan tersebut dikelola oleh PT Freeport Indonesia.

Kota Modern Pertama Indonesia

Kuala Kencana merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki sistem pembuangan limbah, yang dikirim ke pusat pengelolaan sampah.

Terdapat banyak kompleks apartemen di Kuala Kencana, seperti RW A atau Bumi Satwa Indah, RW B atau Tirta Indah, Kompleks Apartemen, Jl. Bougenville, dan terakhir Bachelor’s Quarter.

Kuala Kencana memiliki banyak fasilitas umum seperti 1 sekolah lokal, 1 sekolah internasional, 1 klinik, 1 mushola, 1 mesjid, 1 gereja, dan berbagai fasilitas olahraga seperti kolam renang, lapangan basket dan lapangan golf dan masih banyak lagi.

Jarak antara ibu kota daerah dengan ibu kota kabupaten adalah 20 km.

Tidak Semua Orang Boleh Masuk

Dikutip dariTimikakab.go.id, Kuala Kencana adalah daerah terlarang yang dikelola PTFI dan seharusnya bukan kawasan peruntukan pariwisata.

Masalahnya, hanya orang yang memiliki kartu identitas PTFI atau sudah memiliki izin khusus yang bisa masuk ke kawasan ini.

Semua kendaraan yang memasuki Kuala Kencana dapat menjalani pemeriksaan yang ketat dan menyeluruh oleh petugas keamanan di pos pemeriksaan perbatasan Timika-Kuala Kencana.

Orang-orang terkena daya tarik oleh keindahan dan kebersihan daerah tersebut. Pengunjung tidak akan melewatkan kesempatan berfoto di lapangan berhiaskan monumen kerajinan tangan Papua dan berhias air mancur yang mengelilinginya.

Kabel Listrik dan Telepon Dibawah Tanah

Sebagai referensi, Kuala Kencana merupakan kota pertama di Indonesia yang menggunakan fasilitas bawah tanah untuk jaringan listrik dan telekomunikasi, pasokan air bersih, dan pusat pengolahan limbah.

Kita tidak dapat melihatnya di lingkungan ini karena kabel listrik dan telepon tertanam rapi di tanah. Pokoknya, kita merasa seperti berada di negara asing.

Sementara itu, ada beberapa kota di Kuala Kencana, seperti:

  • Kelurahan Kuala Kencana
  • Kampung Iwaka
  • Kampung Naena Muktipura
  • Kampung Karang Senang
  • Kampung Mulia Kencana
  • Kampung Utikini Baru
  • Kampung Bhintuku

Pos terkait