Bocoran Penampakan Mobil Listrik BYD Seal, Bakal Jadi Pesaing Tesla Model 3

Bocoran Penampakan Mobil Listrik BYD Seal, Bakal Jadi Pesaing Tesla Model 3 (Dok : tribunnews com)

epanrita.net – Produsen kendaraan listrik (EV) asal China, Build Your Dreams (BYD) kini memasang ambisi menjadi pemain utama di pasar otomotif global dengan mengambil strategi yang berbeda dari produsen EV lain.

Melansir dari Bloomberg, pendiri dan CEO BYD Wang Chuanfu berusaha untuk mengubah perusahaannya, yang sudah menjadi produsen EV terbesar di China, menjadi sorotan di pasar global.

Bacaan Lainnya

Berbeda dengan saingannya, produsen EV asal Amerika Serikat (AS) Tesla yang memulai bisnisnya dengan menjual sedan mewah, Wang sejak awal fokus untuk mengembangkan mobil dengan harga terjangkau bagi kelas menengah di China.

BYD juga memiliki lini produk plug-in yang beragam mencakup truk, forklift dan bus. Sementara Tesla hingga saat ini belum meluncurkan bus listrik, meski sudah mengembangkan truk listrik.

Selain itu, CEO Tesla Elon Musk memiliki hubungan yang kurang baik dengan serikat pekerja, sedangkan Wang memiliki serikat pekerja di pabrik yang memproduksi bus untuk pasar AS, yang terletak di Lancaster, California.

Dalam hubungannya dengan pemerintah negara asal mereka, Musk dikenal pernah berseteru dengan Presiden AS Joe Biden.

Sementara Wang memiliki jalinan hubungan yang baik dengan pemerintah China. Hal tersebut dibuktikan pada Rabu (17/8/2022) kemarin, saat Perdana Menteri China Li Keqiang mengunjungi markas BYD dan berjanji akan memberikan dukungan untuk pasar mobil listrik.

Li bahkan menyebut, BYD dapat menjadi “kartu as” di pasar mobil listrik.

BYD tidak hanya memproduksi kendaraan, namun juga memproduksi chip semikonduktor dan baterai EV sendiri.

Sekarang perusahaan ini menjadi produsen baterai EV terbesar ketiga di dunia, dengan menguasai 14 persen dari pasar global, berada di belakang perusahaan China Contemporary Amperex Technology Co. Ltd. dan LG Energy Solution Ltd Korea Selatan.

Pos terkait