Jababeka Dukung Pemerintah Matangkan Regulasi Kendaraan Otonom

Jababeka Dukung Pemerintah Matangkan Regulasi Kendaraan Otonom (Dok : tribunnews com)

epanrita.net – Kendaraan tanpa awak atau kendaraan otonom (AV) merupakan moda transportasi masa depan dan akan menjadi bagian dari sistem transportasi cerdas (ITS)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah sedang menyiapkan regulasi untuk mengatur penggunaan kendaraan tanpa pengemudi atau otonom.

Menurutnya, autonomous vehicle (AV) dapat menjadi bagian dari sistem transportasi cerdas dengan bahan bakar yang bisa 15% lebih efisien, mengurangi emisi karbon, dan mengurangi risiko kecelakaan.

Dalam webinar Melirik Prospek Kendaraan Otonom di Indonesia yang digelar President University, dikutip Jumat (19/8/2022), Menhub mengatakan “Pemerintah saat ini sedang menyusun dan mematangkan regulasi yang terkait kendaraan otonom,”.

Ia mengatakan AV akan beroperasi di wilayah metropolitan negara baru Kalimantan Timur dengan konsep IKN, yaitu green and smart city yang yang mengedepankan penggunaan energi terbarukan baru yang ramah lingkungan.

Namun, ada banyak kesulitan dalam mencapai AV untuk menjadi bagian dari sistem transportasi nasional, seperti persiapan jalan, kondisi lingkungan, jaringan Internet dan peraturan untuk pelaksanaan eksperimen drivable jalan.

Oleh karena itu, perlu adanya dukungan dan kerja sama dari pihak swasta, termasuk akademisi.

Direktur Jababeka Tbk Suteja Sidarta Darmono mengatakan pihaknya siap mendukung kehadiran kendaraan otonom di Indonesia.

Pihaknya juga tengah mengembangkan Jababeka Silicon Valley atau Correctio lewat kolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Indogen Capital dan PT Bisa Artifisial Indonesia (BISA AI).

Correctio hadir mendukung perusahaan-perusahaan yang ingin migrasi ke industri 4.0, kami juga membangun jaringan 5G agar tersedianya koneksi yang kuat dan cepat,” tutur Suteja.

Dia meyakini dengan jaringan internet mumpuni AV dapat digunakan di kawasan Jabebeka.

Pos terkait