Wajib Tahu ! Beginilah Trik Jitu Agar Menghemat Banyak Kuota Saat Zoom Meeting

Cara Hemat Kuota saat Zoom Meeting Gunakan Tips Ampuh (Liputan6com)

Zoom meeting sudah menjadi kebiasaan bagi pekerja kantoran yang melakukan pertemuan jarak jauh ketika mereka tidak dalam 1 ruangan. Kondisi work from home juga menghadirkan satu kebiasaan baru, yaitu meeting jarak jauh.

Aplikasi Zoom Meeting memungkinkan Anda untuk mengirim semua aktivitas rapat secara online, termasuk koordinasi dan arahan dari pimpinan Anda. Menurut suatu laporan, hingga 80% jurnalis lebih suka bekerja dari rumah daripada di tempat lain. Termasuk melakukan rapat atau pertemuan secara online. Siapa yang sering melakukan pertemuan online?

Bacaan Lainnya

lewat pertemuan online, mudah untuk bertemu dan mengoordinasikan pekerjaan dengan rekan kerja dan pelanggan di departemen yang sama. Tetapi, ada suatu masalah yang sering muncul saat melakukan kegiatan ini.

Cepat habisnya kuota dapat membuat kita menurunkan kualitas video sehingga menampilkan kualitas video yang kurang jelas. Daripada itu ikuti beberapa cara menghemat kuota saat melakukan zoom meeting.

Cara menghemat kuota saat zoom

1. Aktifkan video hanya jika diperlukan

Seperti namanya, pertemuan online berfokus pada komunikasi menggunakan video. Webcam memungkinkan peserta lain dalam pertemuan video untuk melihat wajah Anda.

Akan tetapi, untuk menghemat kuota data internet Anda, sebaiknya gunakan webcam saat Anda membutuhkannya saja. Penggunaan video paling banyak akan cepat menghabiskan kuota.

Sebenarnya menggunakan webcam membuat aktivitas meeting menjadi lebih menarik, namun sebaiknya dimatikan saat tidak terlalu dibutuhkan.

Hal yang sama berlaku saat menggunakan ponsel Anda untuk pertemuan online. Tidak perlu selalu menyalakan kamera. Manfaat lain dari mengaktifkan video hanya bila diperlukan adalah membuat privasi anda lebih terjaga. Anda dapat melanjutkan kegiatan lain tanpa perlu dilihat orang lain.

2. Hindari penggunaan video kualitas tinggi

Kualitas video dalam platform pertemuan online memiliki dua opsi pengaturan: HD (Definisi Tinggi) dan SD (Definisi Standar). Tentu saja, dengan video definisi tinggi, layar setiap peserta menunjukkan wajah saya dengan lebih bersih dan jelas.

Tetapi, risiko yang dapat diterima adalah terkurasnya kuota data. Untuk menghindari masalah ini, Anda harus menonaktifkan video berkualitas tinggi.

Pos terkait