Klarifikasi Kalina Oktarani Terkait Tuduhan Disebut Mempunyai Penyakit Kelamin Oleh Sang Mantan

Tuduhan Mantan pacar Kalina ternyata bohong (Dok pikiranrakyat)

Mantan pacar Kalina Oktarani, Ricky Miraza, menuduh mantan istri Vicky Prasetyo itu mengidap Penyakit Menular Seksual, hal itulah yang membuatnya putus dengan Kalina.

“Mending milih putus. Penyakit kelamin itu menular. Maafkan selama ini kecerobohan saya, ternyata salah pilih wanita,” tulis Ricky Miraza di story akun Instagram-nya.

Bacaan Lainnya

Tak terima difitnah, Kalina pun mengklarifikasikan bahwa penyakit yang sedang dideritanya, yakni infeksi kandung kemih, tidak berbahaya dan langsung menanyakannya ke dokter.

“Maaf saya mau tanya lagi, infeksi kandung kemih yang saya derita sebenarnya bahaya gak dok?” ujar Kalina Oktarani dalam unggahan akun Instagramnya, Selasa (19/7/2022).

Dokter pun menjawab bahwa infeksi kandung kemih tidak berbahaya.

Kalina mengungkap percakapan dengan seorang dokter (Dok suaracom)

Ketakutan Ricky Miraza tersebut, Benarkah infeksi kandung kemih bisa menular?

Infeksi kandung kemih atau infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi bakteri umum pada saluran kemih, termasuk uretra, ginjal, ureter, dan kandung kemih.

Pada umumnya, dikutip dari Medical News Today, bahwa infeksi tersebut tidak menular. Oleh karena itu, tidak termasuk dalam jenis Infeksi menular seksual (IMS).

Meskipun ISK secara teknis bukan IMS, berhubungan seks dapat meningkatkan risiko terkena ISK.

Bakteri Escherichia coli yang biasanya hidup di usus dapat bermigrasi dari anus ke lubang uretra atau penis saat melakukan hubungan seks anal.

Seks vagina juga dapat meningkatkan resiko ISK dengan mendorong bakteri dari kulit ke uretra yang meningkatkan resiko ISK.

Beberapa penyakit menular seksual, seperti gonore, klamidia, dan trikomoniasis, dapat mempengaruhi saluran kemih dan menyebabkan gejala yang mirip dengan infeksi saluran kemih.

Bakteri yang menyebabkan ISK dapat berpindah antar manusia. Namun, infeksi itu sendiri tidak menular.

Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri bermigrasi dari usus dan tumbuh di saluran kemih.

Infeksi kandung kemih bagian atas dapat mempengaruhi ginjal dan ureter, dan infeksi saluran kemih bagian bawah termasuk uretra dan kandung kemih.

Pos terkait