Belum Ada Laporan Kerusakan Meskipun Wilayah Bengkulu Diguncang Gempabumi M 6,7

Bengkulu Diguncang Gempabumi M 6,7. (Dok. BNPB )

Gempabumi dengan kekuatan magnitudo 6,7 yang kemudian dimutakhirkan menjadi 6,5 baru saja terjadi di wilayah Bengkulu.

Menurut data yang direkam Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempabumi yang berpusat di 5.22 LS dan 102.95 BT ini terjadi di kedalaman 52 kilometer pada Selasa 23 Agustus 2022 pukul 21.31 WIB.

Bacaan Lainnya

Laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu bahwa guncangan gempabumi dirasakan cukup kuat selama 2-6 detik dan beberapa masyarakat dibuat panik sehingga berhamburan keluar rumah.

Info awal, guncangan dirasakan kuat di wilayah Kabupaten Muko-Muko, Bengkulu Selatan, Rejang Lebong, Kota Bengkulu dan Bengkulu Utara.

Guncangan juga dirasakan di Kabupaten Seluma, Kepahiang dan Pesisir Tengah.

“Cukup kuat, Pak. Ini dirasakan cukup kencang di kabupaten Mukomuko, Bengkulu Selatan, Rejang Lebong, Kota Bengkulu, Bengkulu Utara,” ungkap BPBD Provinsi Bengkulu Septi.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Provinsi Bengkulu saat ini sedang turun ke lapangan untuk asesmen awal dan memonitoring dampak yang terjadi akibat gempabumi.

Hasil asesmen sementara belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban jiwa.

Apabila ada perkembangan hasil asesmen di lapangan maka akan segera di perbarui secara berkala.

“Belum ada laporan keruskaan,” ujar Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Provinsi Bengkulu Indi Sastra.

“Sejauh ini tim sedang berkoordinasi dengan kabupaten/kota terkait data kerusakan dan lainnya,” tambah Indi Sastra.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik, namun tetap meningkatkan kewaspadaan demi mengantisipasi adanya potensi gempabumi susulan.

Masyarakat juga diimbau untuk memperbarui perkembangan informasi terkait gempabumi melalui instansi terkait seperti BMKG, BNPB dan BPBD serta sumber lain yang dapat dipertanggungjawabkan.

Masyarakat diharapkan tetap waspada untuk potensi gempa susulan, perhatikan penempatan barang-barang besar di dalam rumah agar tidak menghalangi penghuni ketika evakuasi keluar rumah.

Kewaspadaan ini terutama diimbau untuk masyarakat yang berada di Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.***

Pos terkait