Lebih Dari 100 Rumah Hangus Terbakar! Kebakaran di SImpurg Jakarta Selatan

Lebih dari 100 rumah di simpurg hangus terbakar. (Dok.Liputan6 com)

epanrita.net – Sebanyak 100 rumah hangus terbakar dalam insiden kebakaran di Jalan Simprug Golf II, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kebakaran diduga akibat korsleting di Jl Simprug Golf, Jakarta Selatan. Isnawa Adji, kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, menyinggung masalah instalasi listrik di pemukiman padat penduduk.

Bacaan Lainnya

“Yang pasti di pemukiman padat harus sering diberikan pantauan soal instalasi listrik,” katanya saat meninjau lokasi kebakaran di Simprug, Jakarta Selatan, Senin (22/8/2022).

Ia juga menyoroti banyak perangkat elektronik yang digunakan warga secara bersamaan dari satu colokan listrik. Hal ini tentu saja meningkatkan kemungkinan terjadinya korsleting dan dapat menyebabkan kebakaran.

“Satu colokan itu terkadang dipenuhi oleh berbagai alat-alat listrik. Ada rice cooker, handphone, kulkas, dan lain-lain. Ini tentunya sangat berpengaruh apabila daya tahan instalasi listriknya tidak kuat, terjadi korsleting listrik,” katanya.

Isawa menambahkan, pengawasan terhadap instalasi listrik tersebut membutuhkan perhatian banyak pihak. Pasalnya, masih banyak rumah di Jakarta sendiri yang sudah lama tidak melakukan penggantian instalasi listrik.

“Kita tau di Jakarta banyak rumah-rumah yang usianya di atas 30 tahun tetapi instalasi listriknya belum diganti misalnya kabel-kabelnya sudah tua dan lain-lain,” pungkasnya.

Lebih dari 100 rumah hangus terbakar di Simpurg, Jakarta Selatan. Sebanyak 133 rumah terkena dampak dan saat ini sedang dievakuasi.

Beberapa bantuan seperti Pemkot Jakarta DKI, BPBD DKI dan banyak relawan lainnya terus berdatangan.

Pos terkait