KPK Periksa LPSK terkait Laporan Dugaan Suap yang Dilakukan Ferdy Sambo

KPK Periksa LPSK terkait Laporan Dugaan Suap yang Dilakukan Ferdy Sambo (Doc, TIMES Indonesia)

epanrita.net – KPK Periksa LPSK Mengenai Laporan dari Masyarakat tentang Dugaan Suap yang Dilakukan oleh Ferdy Sambo, Simak Ulasan Selengkapnya Disini.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan hari ini (22/8/2022) Senin, pihaknya memanggil Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk diperiksa.

Bacaan Lainnya

Penyelidikan LPSK dilakukan untuk menyelidiki apakah mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo secara terbuka dilaporkan masyarakat terkait dugaan suap kepada LPSK.

“Informasi yang kami peroleh benar, atas undangan KPK. Yakni terkait koordinasi untuk menindaklanjuti laporan pengaduan masyarakat ke KPK,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (22/8/2022).

Ali mengatakan pemeriksaan LPSK bertujuan untuk memastikan bahwa semua pengaduan yang masuk ke KPK didorong secara proaktif melalui operasional sesuai prosedur dan peraturan yang telah ditetapkan.

“Kami berharap pihak-pihak dimaksud dapat membantu dalam pengayaan informasi dan data yang kami butuhkan dalam proses verifikasi ini,” ucap Ali.

Menurut Ali, penyelidikan itu dilakukan untuk memperkaya informasi bagi pihaknya. Hal ini penting bagi KPK untuk menyimpulkan bahwa kasus pidana benar-benar terjadi seperti yang diberitakan.

“Sehingga kami dapat menganalisisnya lebih lanjut, apakah jika benar ada peristiwa pidana, hal tersebut masuk kategori korupsi dan menjadi kewenangan KPK atau bukan,” kata Ali.

Pada sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku telah menerima laporan dugaan suap terhadap Ferdy Sambo, mantan  Kadiv Propam Polri. KPK menyatakan akan menindaklanjuti.

“Benar KPK telah terima laporan tersebut pada bagian pengaduan dan pelaporan masyarakat KPK. Kami memastikan akan tindak lanjuti setiap laporan dari masyarakat dengan melakukan langkah-langkah analisis lebih lanjut berupa verifikasi mendalam dari data yang kami terima,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin 15 Agustus 2022.

Pelaporan Ferdy Sambo

Ali mengatakan penyelidikan akan dilakukan untuk menentukan apakah tuduhan suap Ferdy Sambo dapat dibawa ke tingkat penyelidikan. Namun Ali yakin KPK akan mengusut dugaan suap tersebut.

Pos terkait