Hobi Makan Pasir dan Semen! Bocah di Tangerang Alami Gizi Buruk Akibat Hobinya

Seorang bocah berusia 8 tahun mempunya kegemaran makan pasir dan semen yang mengakibatkan gizi buruk. (Dok.VOI)

epanrita.net – Seoarang anak di Tangerang mempunyai kegemaran aneh yang dimana dirinya suka mengonsumsi atau memakan benda-benda yang seharusnya tidak untuk dimakan.

Bocah berumur 8 tahun asal Kabupaten Tangerang, Teluknaga, dan Desa Pangkalan ini memiliki kebiasaan memakan benda-benda aneh seperti pasir, kerikil, dan semen. Akibat hal tersebut menyebabkan anak tersebut mengalami gizi buruk.

Bacaan Lainnya

Allan Sartana, Kepala Puskesmas Tegal Angus menjelaskan, pihaknya melakukan tes gizi pada bocah tersebut. Bocah itu kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Tangerang dan Rumah Sakit Pakuhaji.

“Kami sudah melakukan intervensi gizi melalui petugas gizi, dokter, dan bidan desa dengan melakukan rujukan ke RSU Tangerang dan RSUD Pakuhaji,” kata Kepala Puskesmas Tegal Angus, Allan Sartana, Sabtu (20/8/2022).

Alan mengatakan, anak tersebut didiagnosis menderita tuberkulosis paru dan anemia. Bocah itu juga diminta pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan seminggu sekali.

“Setelah melakukan pengecekan, sudah diberikan obat, dan pihak rumah sakit melanjutkan untuk kontrol ulang seminggu sekali,” jelas Allan.

Selain itu, menurut Allan, faktor pengasuhan juga penting untuk mencegah terjadinya insiden tersebut. Pusat kesehatan mendesak orang tua untuk lebih memerhatikan pola asuh anak.

“Faktor pola asuh ini memiliki nilai penting yang mempengaruhi terjadinya hal tersebut, seperti kurangnya perhatian kepada anak,” ujarnya.

Pos terkait