Heboh! 2 Pilot Boeing 737 Tertidur Dalam Penerbangan, Gagal Mendarat Nyaris Terjadi

Pesawat Boeing 737 hampir gagal mendarat gara-gara pilot tertidur dalam penerbangan. (Dok.Wikipedia)

epanrita.net – Pesawat Ethiopian Airlines nyaris celaka akibat kedua pilot tertidur dalam posisi pesawat sedang berada di atas awan.

Dua pilot pesawat penumpang maskapai Ethiopia tertidur dalam penerbangannya. Untungnya, setelah sempat gagal mendarat, pesawat mendarat dengan selamat.

Dikutip dari The Aviation Herald, Jumat (19/8/2022). Ethiopia Airlines Penerbangan ET343 kejadian tersebut terjadi di ketinggian 37.000 kaki dalam perjalanan dari Khartoum, Sudan ke Addis Ababa, Ethiopia pada 15 Agustus.

Pilot harusnya mulai menurunkan ketinggian dalam perjalanan ke Bandara Addis Ababa Bole. Namun, Boeing 737 tidak berada di ketinggian rendah karena pilot dan kopilot tertidur.

Aviation Herald menyebutkan, kontrol lalu lintas udara mencoba menghubungi pilot, tetapi tidak berhasil. Akhirnya, kedua pilot melintasi landasan, usai autopilot pesawat hilang komunikasi dan membunyikan alarm.

Pilot kemudian mengarahkan pesawat ke bandara di mana ia bisa mendarat dengan aman. Pesawat tinggal di landasan selama dua setengah jam sebelum berangkat untuk penerbangan berikutnya.

Data penerbangan mengkonfirmasi bahwa pesawat sempat gagal mendarat saat melintasi landasan pacu dan akhirnya berhasil mendarat ketika pilot dan kopilot bangun.

Analis penerbangan Alex Macheras mentweet: Sangat memprihatinkan insiden di maskapai terbesar di Afrika – Ethiopian Airlines Boeing 737 # ET343 masih berada di ketinggian jelajah 37.000 kaki pada saat mencapai tujuan Addis Ababa.

“Mengapa tidak mulai turun untuk mendarat? Kedua pilot itu tertidur,” tulisnya.

Dia mengatakan kelelahan pilot dalam kejadian itu “bukan hal baru”.

Insiden itu mengejutkan orang-orang, banyak yang mengatakan “tidak profesional” dan “berbahaya”.

“Semoga kedua pilot dipecat dan otoritas penerbangan memulai penyelidikan pada jadwal tugas kru dan sebagainya dari maskapai ini! Syukurlah tidak ada hal buruk yang terjadi,” tulis seorang netizen.

Pos terkait