Permukaan Sungai di Surabaya Mendadak Tertutup Busa Limbah Warna Putih, Pemkot Ungkap Sebabnya

Permukaan Sungai di Surabaya Mendadak Tertutup Busa Limbah Warna Putih, Pemkot Ungkap Sebabnya (dok.tribun jatim)

Busa berwarna putih terlihat menutupi permukaan Sungai Kalisari Damen, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya, Selasa (2/8/2022). Permukaan sungai nampak seperti kejatuhan awan dari langit.

Diketahui, fenomena yang viral di sosial media ini terjadi di Rumah Pompa Boezem Kalidami. Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Kota Surabaya meninjau langsung tempat kejadian.

Bacaan Lainnya

Wakil Kota Surabaya, Armuji, mengecek langsung dan berkoordinasi dengan DLH serta lurah terkait. Politisi PDIP ini melihat debit busa sudah turun, padahal volumenya banyak yang naik dan bisa berbahaya.

“Busa itu adalah limbah domestik, banyak orang yang membuangnya di sungai, termasuk sisa detergen. Begitu pompa ini menyala maka terjadi berbusa,” katanya.

Karena ini mengandung detergen, lanjut dia, busanya menggunung dan menumpuk. Tentunya berdampak, apalagi ada warga sekitar daerah tempat pompa sini.

Mantan Anggota DPRD Jatim tersebut menghimbau kepada warga jangan membuang limbah sembarangan. Dirinya lantas memberikan suatu pengertian bagi masyarakat sekitar.

“Karena berkaitan dengan kesehatan, kepada warga jangan membuang limbah sembarangan biar lingkungannya tidak tercemar,” tegasnya.

“Busa itu detergen hasil sisa mencuci pakaian.Setiap kemarau selalu terjadi, padahal disini tidak ada pabrik. Saya khawatir kalau busa busanya kebawa hingga ke laut,” tutupnya.

Pos terkait