Cara Daftar Ulang Setelah Lolos SMUP Unpad Tahun 2022

Cara Ulang Daftar Setelah Lolos SMUP Unpad Tahun 2022 ( Dok. Kampusaja )

Universitas Padjadjaran (Unpad) kemarin (18/7/2022) mengumumkan hasil seleksi Masuk Unpad (SMUP) tingkat Jalur Mandiri dan Jalur Prestasi. Kandidat yang lolos seleksi harus mendaftar dan mengunggah dokumen yang diperlukan untuk segera mendaftar ulang.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita menjelaskan bahwa 2.645 peserta SMUP dinyatakan sebagai sarjana mandiri, sedangkan jumlah peserta yang lolos SMUP Sarjana Jalur Prestasi adalah 11% dari 856 yang terdaftar.

Bacaan Lainnya

Proses seleksi pada Mandiri sangat kompetitif. Tahun ini, 45.362 pendaftar SMUP mengikuti jalur mandiri. Sebanyak 12.626 peserta memilih sistem penilaian UTBK dan 32.736 peserta memilih tes mandiri.

Dari jumlah tersebut, 29,91% untuk UTBK dan 70,09% untuk skema ujian mandiri. Sedangkan persentase kapasitas jalur mandiri adalah 40% dari total kapasitas sarjana Unpad yang bisa ditampung.

Calon mahasiswa yang telah lolos SMUP dapat membaca informasi pendaftaran dan menuliskan biodatanya di halaman SMUP Unpad. Prof. Arif menekankan bahwa pengumuman kelulusan SMUP  Sarjana Jalur Mandiri dan prestasi siswa hanya dilakukan satu kali. Tidak ada panggilan ulang atau pembayaran di luar sistem. Semua biaya kuliah dibayarkan melalui mitra bank kami.

Dikutip dari Instagram Unpad @universitaspadjadjaran, berikut adalah proses pendaftaran online dan pengunggahan dokumen bagi calon mahasiswa baru jalur SMUP 2022.

A. Ketentuan Registrasi dan Unggah Dokumen

1. Isi biodata dan upload dokumen yang tersedia di https://students.unpad.ac.id/peserta dari 21-27 Juli 17:00 WIB.

2. Unpad akan melakukan pengecekan data dan dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa (termasuk pendaftar KIP) mulai tanggal 22 Juli hingga 5 Agustus 2022.

3. Rincian biaya kuliah dapat dilihat di https://students.unpad.ac.id/peserta dan untuk biaya kuliah harus dibayarkan melalui bank yang ditunjuk mulai tanggal 25 Juli hingga 5 Agustus 2022.

4. Setelah pembayaran selesai, Unpad akan merilis Surat Tanda Bukti Resmi Menjadi Mahasiswa dan KTM Digital ke laman biodata mahasiswa baru yang akan dimulai pada 8 Agustus 2022.

B. Dokumen yang Harus Diunggah Secara Daring Mulai 21-27 Juli 2022

1. Ijazah asli atau surat keterangan lulus SMA/MA/SMK/setara
2. Kartu Keluarga (scan asli)
3. KIP Kuliah yang asli, bagi calon mahasiswa yang memiliki dan telah mendaftar
4. Surat keterangan bebas buta warna bagi calon mahasiswa:
– Fakultas Kedokteran
– Fakultas MIPA
– Fakultas Pertanian
– Fakultas Kedokteran Gigi
– Fakultas Psikologi
– Fakultas Peternakan
– Fakultas Keperawatan
– Fakultas Teknologi Industri Pertanian
– Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
– Fakultas Farmasi
– Fakultas Teknik Geologi

Pos terkait