Bagaimana Cara Cek Pengumuman SMUP Unpad Jalur Mandiri dan Prestasi? Simak Ulasannya Disini

Bagaimana Cara Cek Pengumuman SMUP Unpad Jalur Mandiri dan Prestasi? Simak Ulasannya Disini ( Dok. Pingpoint )

Pengumuman Seleksi Masuk Jalur Mandiri Lintas Prestasi dan Jalur Prestasi Universitas Padjadjaran (SMUP) dimulai Senin (18/7/2022) pukul 17.00 WIB.

Sementara 2.645 peserta dinyatakan lulus SMUP Mandiri, para peserta yang dinanyatakan lulus Jalur Prestasi adalah 11% dari 856 pendaftar, kata Arief S Kartasasmita, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad.

Bacaan Lainnya

“Jumlah peserta yang diterima di Jalur Mandiri kurang lebih 5 persen dari total pendaftar,” kata Arief dikutip dari Kanal Media Unpad, Selasa (19/7/2022).

Proses seleksi jalur Mandiri terbilang cukup ketat. Tahun ini, 45.362 pendaftar SMUP mengikuti jalur mandiri. Sebanyak 12.626 peserta memilih sistem penilaian UTBK dan 32.736 peserta memilih tes mandiri.

Dari jumlah tersebut, 29,91% untuk UTBK dan 70,09% untuk skema ujian mandiri. Sedangkan persentase kapasitas jalur mandiri adalah 40% dari total kapasitas sarjana Unpad yang bisa diterima.

Arief mengutarakan, beberapa pendaftar jalur mandiri SMUP telah memilih Unpad namun tidak lolos UTBK-SBMPTN. Artinya proses seleksinya sangat teliti, dan minat calon mahasiswa untuk kuliah di Unpad sangat tinggi.

“Ini menandakan bahwa persaingan masuk Unpad, meskipun di Mandiri, juga ketat. Pesertanya juga seluruh Indonesia, tidak hanya lokal Bandung, sehingga hampir serupa dengan SBMPTN,” katanya.

Selain hal tersebut, hingga 23% dari total yang diperbolehkan di Jalur Mandiri adalah peserta KIPK (Kartu Indonesia Pintar Kuliah). Arief mengutarakan, banyaknya peserta KIPK yang lolos jalur ini mencerminkan jalur mandiri Unpad juga merupakan jalur bagi mahasiswa kurang mampu.

“Jalur Mandiri ini bukan semata-mata berbiaya mahal, peserta KIPK pun banyak diterima,” ucapnya.

Bagi peserta yang berhasil, Arief berpesan agar memanfaatkan kesempatan dengan baik. “Jangan disia-siakan. Silakan segera daftar ulang dan ikuti aturan yang ditetapkan Unpad.”

Pos terkait