5 Ide Permainan Menarik Untuk Menyemangati Anak SD Jaman Sekarang Pada Saat MPLS

5 Ide Permainan Menarik Untuk Menyemangati Anak SD Jaman Sekarang Pada Saat MPLS ( Dok. Litbang Kemendagri )

Lihat 5 ide Ice Breaking ini atau game MPLS tingkat dasar yang seru dan menyenangkan.

Pada saat momen MPLS, biasanya panitia menyiapkan beberapa kegiatan untuk mendukung acara tersebut, salah satunya mempersiapkan ide atau permainan Ice Breaker untuk para peserta didik baru.

Beberapa ide atau permainan berikut ini cocok digunakan dalam mengisi kegiatan MPLS di SD agar siswa baru tetap termotivasi dan tidak bosan.

Ide Ice Breaking pada saat MPLS level SD bisa berupa game yang sederhana tanpa menggunakan alat.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut 5 ide game Ice Breaking atau game MPLS tingkat SD yang seru dan bakal menggairahkan minat peserta didik baru.

1.Permainan “Siapa dia”

Cara bermain:

– Tugaskan peserta untuk mengenalkan diri mereka sendiri berupa nama dan pekerjaan mereka dalam kalimat yang terdiri dari 7 kata atau kurang. Contoh: Nama saya Habib, seorang siswa SMP 2.
– Kemudian minta peserta kedua untuk menceritakan apa yang dikatakan peserta pertama dan memperkenalkan diri. Contoh: Teman saya, Habib, dia seorang siswa SMP 2. Saya Muhammad, ketua kelas Kelas 9. Lanjutkan sampai setiap pemain mendapat giliran.
– Jika salah satu peserta tidak ingat nama teman sebelumnya, nantinya peserta harus bertanya langsung kepada orang tersebut: siapa namanu? Apa yang kau bicarakan barusan?

2.Permainan “Pagi, Siang, Malam”

Cara bermain:

– Saat panitia berbicara, mereka menjelaskan aturan main, mengacu pada pagi, siang, dan malam hari.

– Syaratnya, ketika salah satu cerita memiliki kata pagi, maka peserta harus bertepuk tangan satu kali. Jika terdengar kata siang, maka harus bertepuk tangan tiga kali, dan jika terdengar kata malam, harus bertepuk tangan dua kali.

Pos terkait