Bocoran, Pengganti MenPAN RB yang Sudah Diserahkan Megawati ke Jokowi

Bocoran, Pengganti MenPAN RB yang Sudah Diserahkan Megawati ke Jokowi ( Dok. Kompas com )

epanrita.net – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) berganti nama menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto mengungkapkan lebih dari satu nama eksekutif PDI-P telah diusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Menpan-RB.

Bacaan Lainnya

“Ya pada hari Kamis yang lalu Ibu Mega (Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri) sudah bertemu dengan Presiden Jokowi dan nama-nama sudah diserahkan,” kata Hasto ditemui di kawasan Cempaka Putih, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Menurut Hasto, pengenalan nama tersebut mengikuti sistem presidensial yang berlaku di Indonesia.

Dikatakannya, dalam sistem pemerintahan ini, presiden berhak memilih nama untuk rebusan tersebut.

“Sehingga nama-nama sudah diserahkan. Sehingga bapak Presiden Jokowi lah yang akan menetapkan dan akan menentukan kapan momentumnya,” tutur Hasto.

Saat ditanya siapa nama yang diberikan kepada Jokowi, Hasto menolak menjawab.

Dia sebelumnya mengatakan bahwa PDI-P telah menawarkan Jokowi untuk mengambil waktu untuk memutuskan siapa yang akan menggantikan Cajo setelah masa berkabung 40 hari berakhir.

Menurutnya, hal itu kini sudah dilewati. Jadi Jokowi akan segera mengumumkan nama.

“Itu sudah terpenuhi dan sekarang presiden lah yang nanti akan mengumumkan siapa pengganti pak Tjahjo,” kata dia.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan Heru Budi Hartono mengatakan Presiden Jokowi akan segera meluncurkan Menpan-RB menggantikan Tjahjo Kumolo.

“Insya Allah (minggu depan). Kita usahakan. Karena beliau (presiden) besok kunjungan kerja ke Karawang. Kemudian saat akhir Agustus kunjungan ke daerah timur Indonesia,” ujar Heru di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

Saat ditanya nama apa saja yang dipersempit menjadi calon Menpan-RB, Heru enggan menjelaskan.

Pos terkait