DKI Pertimbangkan Usulan Polda Metro Soal Pengaturan Jam Keberangkatan Pekerja

DKI Pertimbangkan Usulan Polda Metro Soal Pengaturan Jam Keberangkatan Pekerja ( Dok. Kompas com )

epanrita.net – Polda Metro Gaya mengatakan, pihaknya masih menunggu regulasi atau dasar hukum untuk menegakkan aturan jam kerja ibu kota untuk mengatasi kemacetan.

Direktur Perhubungan Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan pihaknya telah membahas rencana kebijakan dengan kementerian dan pembuat kebijakan seperti pemerintah daerah DKI Jakarta.

Dalam diskusi tersebut, polisi juga melibatkan perusahaan Jakarta yang tergabung dalam asosiasi tersebut.

“Hasilnya mereka menyepakati dan masih akan kami godok kembali pelaksanaannya kapan. Kami tunggu dari pemda untuk rapat focus group discussion (FGD) yang lebih detail lagi,” kata Latif kepada wartawan, Senin (22/8/2022).

Saat ini, Latif mengaku belum merampungkan rencana pembatasan jam kerja untuk mengurangi kemacetan di Jakarta.

Dia belum bisa memastikan kapan aturan itu akan berlaku.

Latif mengatakan, implementasi kebijakan tersebut masih menunggu regulasi dari pemerintah, khususnya pemerintah daerah DKI Jakarta.

“Karena untuk yang mengatur jam kerjanya bukan kami, tetapi ada mungkin nanti imbauan,” kata Latif.

“Entah bentuknya peraturan gubernur atau apa, itu nanti dari pemerintah daerah. Itu pun nanti akan diserahkan pada lembaga itu sendiri,” sambung dia.

Usulan penetapan jam kerja pertama kali muncul setelah Latif mengambil alih sebagai pengelola transportasi Metro Polda Jaya sebagai salah satu program untuk mengurai kemacetan di Jakarta.

Latif mengatakan, waktu masuk staf diatur agar tidak menumpuk pada waktu yang bersamaan.

Latif mengatakan, usulan tersebut didasarkan pada analisis kemacetan lalu lintas di Jakarta pada jam-jam lemah di pagi hari.

Menurut pengamatannya, pekerja dan mahasiswa pulang pergi bekerja pada waktu yang bersamaan, sehingga menimbulkan kemacetan di jalan.

“Jam 06.00 sampai 09.00 pagi itu padat di Jakarta. Nah, jam 09.00 sampai 14.00 siang agak lengang. Maksud saya, jam 09.00 pagi ini ada pengaturan kegiatan masyarakat,” kata Latif di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Pos terkait