Tiga Ribu Sertifikat Tanah Akan Diserahkan Kepada Warga Sidoarjo Oleh Presiden RI

Tiga Ribu Sertifikat Tanah Akan Diserahkan Kepada Warga Sidoarjo Oleh Presiden RI ( Dok. Kompas com )

epanrita.net – Presiden Joko Widodo menyerahkan akta tanah kepada 3.000 warga Gelora Delta di Kabupaten Sidoarjo, Senin (22/8/2022).

Penduduk bersertifikat berasal dari Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kabupaten Gresik.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, presiden mendorong penerima manfaat untuk menggunakan sertifikat tanah dengan bijak.

Jika masyarakat ingin menggunakan sertifikat untuk pinjaman bank, selamat datang presiden. Namun, Jokowi menyarankan agar dana pinjaman itu digunakan untuk menambah modal usaha.

“Silakan pinjam ke bank, tetapi semuanya kalau dapat Rp 100 juta (misalnya), gunakan untuk modal kerja, gunakan untuk modal investasi, gunakan untuk modal usaha,” ujar Jokowi sebagaimana dilansir dari siaran pers Sekretariat Presiden.

Kepala negara juga mengingatkan masyarakat untuk menghitung secara akurat apakah sertifikat tersebut akan digunakan untuk pinjaman bank.

Jokowi mengingatkan warga untuk tidak menggunakan uang pinjaman untuk barang konsumsi.

“(Dapat) Rp 500 juta, (lalu) yang Rp 250 juta untuk beli mobil baru. Senang muter-muter kampung gagah, muter-muter desa gagah naik mobil, tapi itu hanya enam bulan percaya saya,” kata Jokowi.

“Gagahnya hanya enam bulan, setelah itu begitu enggak bisa nyicil, nyicil bank-nya enggak bisa, nyicil mobilnya enggak bisa, itulah malapetaka dimulai,” lanjutnya.

Hadi Tjahjanto, Menteri Pertanian dan Penataan Ruang/Direktur Pertanahan di bawah Presiden Republik, mengatakan dalam laporannya bahwa pembagian sertifikat tanah merupakan bagian dari insentif untuk meningkatkan ekonomi massal menyusul penurunan. Penyakit Menular Covid-19.

“Karena dengan sertifikat tanah rakyat berkesempatan mendapatkan akses permodalan di samping ada kepastian hukum tentang tanah mereka,” ujar Hadi.

Pos terkait