KAI Layangkan Peringatan Kedua Pembongkaran Lokalisasi Gunung Antang

KAI layangkan peringatan kedua pembongkaran lokalisasi Gunung Antang ( Dok. Kompas com )

epanrita.net – PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah mengirimkan Surat Peringatan (SP) 2 kepada warga Kecamatan Gunung Antang di Matraman, Jakarta Timur, Untuk Bongkar Secara Mandiri.

PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Direktur Humas, mengatakan sejauh ini baru segelintir warga di Gunung Antang yang membongkar bangunan liar.

Bacaan Lainnya

“Sudah SP 2 ya. Kini menjelang SP 3. Sejauh ini hanya beberapa yang membongkar mandiri,” kata Eva Chairunisa dilansir dari Antara, Senin (22/08/2022).

Belum jelas berapa banyak warga di Kabupaten Gunung Antang yang membongkar bangunan liar secara mandiri.

Namun, Eva bersikeras untuk mengambil alih paksa bangunan tersebut dengan Balai Kota (Jaktim) Jakarta Timur jika bangunan ilegal tetap ada di Gunung Antang meski sudah diterbitkan SP3.

“Kalau SP 3 sudah selesai batas waktunya, maka akan ditertibkan,” ujar Eva. Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Timur, Eka Darmawan sebelumnya mengatakan telah menerima surat peringatan kedua yang diberikan oleh PT KAI terkait lokalisasi Gunung Antang pada 16 Agustus 2022.

“Suratnya sudah masuk, Pak Wali Kota juga minta kami bekerja sama kolaborasi,” ujar Eka.

Eka mengatakan, surat peringatan kedua itu berlaku hingga 25 Agustus 2022. Jika bangunan ilegal tertangkap sampai peringatan ketiga, mereka akan dihancurkan secara paksa.

Namun, kata Eka, Pemkot Jakarta Timur hanya memberikan bantuan pengamanan karena lahan tersebut merupakan kewenangan PT KAI.

“SP 2 masih ada toleransi sampai tanggal 25 Agustus 2022. Nanti SP 3 mungkin jeda sehari akan kami laksanakan (pembongkaran),” tutur Eka.

Pos terkait