Sosok Hermanto Dardak dalam Kenangan Anies Baswedan, Dialah Sosok Pekerja Keras

Sosok Hermanto Dardak dalam Kenangan Anies Baswedan, Dialah Sosok Pekerja Keras ( Dok. Kompas com )

epanrita.net – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Achmad Hermanto Dardak, ayah dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elisianto Dardak.

Anies akan digelar pada Sabtu sore (20/8/2022) Jalan Swakarsa V No. Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Turut berduka cita untuk keluarga Achmad Hermanto saat berkunjung ke rumah duka Kompleks Bina Marga 2 28 Bina Marga.

Bacaan Lainnya

“Kami semua turut berdukacita dan kami sampaikan juga tadi kepada keluarga. Kami yakin keluarga diberikan kekuatan,” ucap Anies, di rumah duka, Sabtu.

“Dan kami juga tadi bertemu dengan ibu dan putranya dan merasakan turut berdukacita. Kami yakin mereka tabah dan bisa melewati masa sulit ini,” sambungnya.

Anies mengenang mendiang Hermanto Dardak, seorang insinyur pekerja keras.

Karena sepanjang hidupnya, Hermanto terus mengabdi untuk pembangunan Indonesia.

“Pendidikan yang diperoleh almarhum dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk mengabdi bagi bangsa. Beliau tidak pernah mengenal pensiun walaupun secara administratif sudah pensiun, tapi pengabdian tidak berhenti,” ujar dia.

“Bahkan ketika wafat pun pulang dalam perjalanan mengurus kegitan yg berkaitan dengan rencana pembangunan untuk indonesia,” sambungnya.

Selain itu, mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2010 hingga 2014 ini dikenal memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas.

“Kami pribadi mengenal ketika beliau menjadi wamen dan sesudahnya berkali-kali kami berdiskusi, ilmunya luas dan dalam. Kami juga menyaksikan (sosok Achmad Hemanto Dardak) bukan saja soal pengabdian di luar. Beliaupun sebagai kepala keluarga yang baik dan berhasil mendidik anak-anaknya,” kata Anies.

Achmad Hermanto Dardak meninggal dunia dalam kecelakaan pada Sabtu 03:25 WIB di jalan raya Pemalang Batang KM 341+400 arah Jakarta.

Kecelakaan terjadi saat mobil Hermanto Dardak bergerak di Gerbang Tol Kalicangkung. Pengemudi Innova diduga mengantuk dan bertabrakan dengan jok belakang truk di depannya.

Menurut Emil, ayahnya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta pada Minggu pagi (21/8/2022).

“Kami sendiri masih memastikan kapan persisnya dan untuk saat ini fokus saya pribadi segera menemui Ibunda untuk bisa mendukung agar beliau bisa tabah menghadapi,” kata Emil, di rumah duka, Sabtu.

Achmad Hermanto Dardak menjabat sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2010-2014.

Kemudian, pada 13 Oktober 2014, ia menerima bintang kehormatan Mahabutera Utama dari Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Emil berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Pratikno karena mengizinkan pemakaman ayahnya di TMP Kalibata.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Mensesneg dan juga Pak Presiden atas diizinkannya almarhum selaku penerima Bintang Mahaputera Utama 2014 untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, besok pagi,” ucap dia.

Pos terkait