Relawan Jokowi Sebut Capres Pilihan Hasil Musra Bakal Diumumkan 11 Maret 2023

Relawan Jokowi Sebut Capres Pilihan Hasil Musra Bakal Diumumkan 11 Maret 2023 ( Dok. Kompas com )

epanrita.net – Kelompok Relawan Gabungan Jokowi berencana mendeklarasikan dukungannya terhadap calon presiden pada pemilihan umum 2024 melalui Majelis Nasional atau Musra.

Panel Musra, yang mengepalai komite nasional Mesir, mengatakan telah menyatakan dukungannya untuk calon presiden setelah musyawarah setelah Idul Fitri tahun depan.

Bacaan Lainnya

Panitia mengatakan akan berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo, penggagas dukungan kelompok relawan, sebelum merilis daftar calon presiden.

“Kita lihat dulu hasil Musra, habis itu kita konsultasi dengan Pak Jokowi, habis itu baru kita tentukan deklarasinya akhir Lebaran siapa yang akan kita dukung,” kata Panel, saat ditemui di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu (20/8/2022).

Ke-15 kelompok yang digelar antara lain Projo, Relawan Buruh Sahabat Jokowi, Seknas Jokowi, Almisbat, GK, RKIH, Gapura, Jaman, Bara JP, Kornas Jokowi, Index, KIB, Duta Jokowi dan RPJB.

Musra pertama akan dimulai pada Sabtu 27 Agustus 2022 di Bandung, Jawa Barat dan berakhir di Jakarta pada Maret 2023.

Panitia mengatakan akan menyampaikan kepada Jokowi nama-nama calon presiden di Musara masing-masing provinsi.

Namun, dia tidak langsung menjawab pertanyaan apakah calon yang diusung relawan otomatis menjadi calon yang diusung Jokowi.

“Kami akan diskusi sama beliau, ‘Pak ini lho hasil Musra yang sudah kita gelar.’ Diskusilah itu, setelah itu baru kami deklarasi nanti Mei (2023), habis Lebaran,” kata Panel.

Setelah pengumuman calon presiden, panitia mengatakan kelompok relawan Jokowi akan menjangkau partai dan mencalonkan calon presiden.

“Tinggal teman-teman di partai mengadaptasi hasil Musra itu atau tidak, itu kan secara konstitusi sudah diatur mereka yang mendorong. Cuma kalau mereka nekat mencalonkan yang lain, tiba-tiba kalah, ya tanggung sendiri, kan rakyat yang menjadi hakim di saat pemilu,” ujar Panel.

Pos terkait