TNI AL Menggelar Doa Bersama di Laut Jakarta, Untuk Mengenang Jasa Pahlawan

TNI AL Menggelar Doa Bersama di Laut Jakarta, Untuk Mengenang Jasa Pahlawan ( Dok. Kompas com )

epanrita.net – TNI Angkatan Laut menggelar doa bersama antar umat beragama dalam rangka memperingati jasa pahlawan di Laut Jakarta.

Kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke-77 itu dilakukan di atas helikopter KRI Semarang-594 yang berangkat dari Markas Besar Angkatan Laut (Kolinlamil) Tanjung Priok.

Bacaan Lainnya

Selain berdoa bersama, TNI AL juga menanam bunga di Laut Jakarta yang dipimpin Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL).

“Kita doakan kepada para pendahulu, jasa para pahlawan, para pejuang yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia dengan ditandai tabur bunga di laut,” kata Yudo di atas geladak heli KRI Semarang-594, Jumat.

Yudo mengatakan bahwa doa bersama ini adalah memohon kepada Tuhan agar dimudahkan dalam melanjutkan perjuangan di masa depan.

Perjuangan itu seperti menghadapi ujian pandemi COVID-19 yang belum selesai.

“Tentunya kita doakan semoga cepat selesai sehingga kita bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ujar Yudo.

Sementara itu, Muhammad Cholil Nafis, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dakwah yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, “Pencapaian kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari perjuangan para tokoh agama.” Yang berpartisipasi langsung dan yang mendoakan.

Cholil belajar dari perjuangan para pemimpin agama ini bahwa spiritualitas agama harus berjalan seiring dengan nasionalisme.

“Di mana kita meyakini agama yang berbeda-beda itu menjadi kekuatan untuk terus mengisi kemerdekaan dan mencapai cita-cita para pendiri bangsa ini untuk memberi kesejahteraan, kedamaian, keamanan,” ujar dia.

Kegiatan doa lintas agama ini dihadiri oleh perwakilan agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu.

Selain itu, hadir pula pejabat tinggi Komando Angkatan Laut dan Panglima Komando Angkatan Laut Indonesia di Jakarta.

Pos terkait