Stasiun Bundaran HI dan Thamrin Kini Sudah Tersambung, Pengerjaan Proyek MRT fase 2A Sangat Cepat

Stasiun Bundaran HI dan Thamrin Kini Sudah Tersambung, Pengerjaan Proyek MRT fase 2A Sangat Cepat ( Dok. Kompas com )

epanrita.net –Pengerjaan CP 201 di Fase 2A proyek MRT masih berlangsung. Saat ini, tingkat konstruksi proyek telah mencapai 42,31%.

“Sejauh ini pengerjaan CP 201 telah mencapai 42,31 persen,” tulis PT MRT Jakarta melalui akun resmi Instagram-nya, Jumat (19/8/2022).

Pekerjaan yang dilakukan sampai saat ini adalah penuangan struktur kolom dan dinding serta gardu induk Monas dan penggalian dan penuangan base slab stasiun Monas.

Kemudian kami akan memperbaiki kualitas tanah stasiun Thamrin, memasang platform transportasi di sisi selatan stasiun Thamrin, dll.

Saat ini Hotel Indonesia (HI) terhubung dengan Stasiun Bundaran dan Stasiun Thamrin.

Pasalnya, pada 15 Agustus 2022, TBM-1 (Tunnel Boring Machine) berhasil menembus tembok selatan Stasiun Tamrin.

Selanjutnya, TBM-1 akan berbelok ke belakang di titik aman selatan Stasiun Thamrin dan melanjutkan pembangunan terowongan menuju utara menuju Stasiun HI.

Selain itu, pada 29 Juli 2022, TBM-2 juga berhasil menembus Tembok Mangbuk Stasiun Thamrin, dan sedang dalam proses pemindahan ke dinding hadap utara untuk pembangunan terowongan kembali ke Stasiun Monas dan sepanjang 358 meter.

“Rencananya terowongan tersebut akan dikerjakan dalam waktu empat bulan,” tulis PT MRT Jakarta.

Tahap 2A proyek subway MRT dalam paket CP 201 menghubungkan stasiun bundaran Hay Monas.

Rendi Alhial, Head of Corporate Secretariat PT MRT Jakarta (Perseroda), menjelaskan pintu masuk pertama yang akan dibangun pada titik ini adalah Exit 1 Stasiun MRT Monas Jalan Museum dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Konstruksi bagian pintu masuk ini menggunakan metode box jacking, metode konstruksi yang membuat terowongan bawah tanah, dengan mendorong bagian kotak pracetak ke dalam tanah menggunakan dongkrak hidrolik.

“Pada 18 Agustus sampai 7 September 2022 akan terjadi penyempitan jalur Jalan Museum,” kata Rendi dilansir dari Antara, Rabu (17/8/2022).

Pos terkait