Kejar 10 Ribu Bus Listrik, Transjakarta Gandeng Perusahaan Eropa Ubah Bus Konvensional

Kejar 10 Ribu Bus Listrik, Transjakarta Gandeng Perusahaan Eropa Ubah Bus Konvensional ( Dok. Kompas com )

epanrita.net –PT Transjakarta menandatangani Nota Kesepahaman dengan Equipmake Holdings Plc dan PT VKTR Mobilitas Technology pada Kamis (18/8/2022).

Kerja sama ini terkait dengan percepatan transisi bus Trans Jakarta Jakarta ke kendaraan listrik.

Bacaan Lainnya

Direktur Transjakarta M. Yana Aditya menjelaskan, salah satu cara mempercepat peralihan ke bus listrik adalah dengan mengganti motor yang ada dengan mesin listrik.

Dia mengatakan, metode semacam ini disebut retrofitting dan sedang digunakan di beberapa negara.

“Untuk itulah Transjakarta mendatangani MoU dengan sebuah perusahaan Equipmake sebagai pemilik teknologi dan komponen retrofit dan Vektor sebagai pemegang lisensi yang akan memproduksi mesin retrofit,” kata Yana dikutip dari keterangan tertulis, Kamis.

Saat ini, Equipmake dan Vector sedang mempersiapkan pembuatan mesin bus listrik, yang dipasang untuk memenuhi kebutuhan Transjakarta.

Kerja sama trilateral ini diharapkan dapat mencapai tujuan pemilihan 10.000 bus trans-Jakarta pada tahun 2030 dan memperkuat kapasitas manufaktur lokal.

Sebagai acuan, proses penandatanganan MOU dilakukan di kantor pusat Transjakarta di Kawang, Jakarta Timur.

Hal itu disaksikan oleh Ahmad Raza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Syafrin Liputo, Direktur Biro Perhubungan DKI Jakarta.

Ditandatangani langsung oleh Presiden Transjakarta, Direktur BTV KTR Mobilitas Yana Aditya, Gilarsi W. Setijono dan CEO Equipmake Holdings Plc Ian D Foley.

Pos terkait