Bertepatan Dengan HUT ke-77 RI, Grup MIND ID Meresmikan Pembukaan Museum Batu Bara

Bertepatan Dengan HUT ke-77 RI, Grup MIND ID Meresmikan Pembukaan Museum Batu Bara ( Dok. Kompas com )

epanrita.net – MIND ID membuka Museum Batubara Bukit Asam pada Rabu (17/8/2022) bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-77.

Untuk pertama kalinya, perusahaan yang mengoperasikan produk batubara mengibarkan bendera merah putih di depan Museum Batubara Bukit Asam.

Peresmian museum ini dihadiri oleh Direksi PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Hendi Prio Santoso, Chief Executive Officer MIND ID, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menjadi holding company bagi industri pertambangan Indonesia.

“Kami juga menjaga kesinambungan serta menciptakan peradaban baru, baik pada saat proses penambangan maupun pada saat pasca penambangan,” katanya

Selain itu, MIND ID Group mendukung segala upaya untuk mencapai tujuan mulia Mind ID untuk menggali sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan yang cerah.

Salah satu tujuan tersebut dicapai oleh PTBA, yang telah disepakati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim untuk meluncurkan program wisata kota.

Tujuannya, menjadikan Tanjung Enim, kawasan pertambangan batu bara, menjadi daya tarik wisata dan mandiri dalam kondisi pascatambang.

Salah satu langkah menjadikan Tanjung Enim sebagai kota wisata adalah pembangunan Museum Batubara Bukit Asam.

Museum adalah aset yang digunakan untuk menyimpan, mengoleksi, melestarikan, meneliti, mendidik, dan menghibur masyarakat.

Keberadaan Museum Batubara Bukit Asam sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu 3 atau Hidup Sehat dan Sejahtera, 8 atau Pertumbuhan Ekonomi, dan 11 atau Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan.

Pos terkait