Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka Dipimpin Oleh Jokowi

Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka Dipimpin Oleh Jokowi ( Dok. Kompas )

epanrita.net – Presiden Joko Widodo menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di halaman Istana Merdeka pada Rabu, 8 Juli 2022.

Bendera merah putih diturunkan oleh Pancasila Sakti, tim Paskibraka.

Bacaan Lainnya

Tiga anggota tim Pancasila Sakti yang bertugas menurunkan bendera adalah Arnold Steven Sinaga, Ketua Kelompok Delapan, mewakili Sulawesi Tenggara.

Kemudian Isra Mashel Arifin menjabat sebagai tiang bendera untuk negara bagian Banten dan Muhammad Rajwa Al Farizi menjabat sebagai kapten untuk negara bagian Jawa Tengah.

Setelah bendera diturunkan, dilipat dan diserahkan kepada Ayumi Putri Sasaki, anggota Pasikbaraka dari Jawa Timur, yang terpilih sebagai pengibar Bendera Merah Putih.

Ayumi kemudian mengambil bendera yang tergeletak di tangga, menyerahkannya kepada Jokowi dan membawanya ke monumen nasional.

Kali ini, komandan upacara pendaratan bendera nasional Sangmera adalah Kolonel Pnb Ahni Prayogo, yang juga memimpin Pangkalan Udara di Danwing 4 (Danwing 4) Atang Sendjaja.

Sedangkan Panglima Kompi Paskibraka adalah AKP Yaumil Hendityo yang saat ini bertugas di Resimen I C Skuadron Operasi Parsi Korps Brimob.

Sedangkan pada sore hari itu, Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya menjabat sebagai perwira upacara.

Acara siang itu dihadiri oleh beberapa pejabat, antara lain Wakil Presiden Ma’aruf Amin, Presiden Republik Demokratik Kongo, Panglima TNI Puan Maharani, Jenderal Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Beberapa menteri juga hadir, antara lain menteri Koordinator Bidang Politik, Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan investasi luhut binsar pandjaitan.

Pos terkait