Upacara Peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka Sangat Meriah dan Lancar

Upacara Peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka Sangat Meriah dan Lancar ( Dok. Kompas com )

epanrita.net – Dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, diadakan upacara peringatan dimulainya Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta.

Ditemukan bahwa Presiden Jokowi secara pribadi mengadakan upacara, didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dan Wury Ma’ruf Amin.

Bacaan Lainnya

Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh Sekretariat Kantor Presiden, topik ini mencerminkan tekad dan ketabahan bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan, lebih cepat pulih dan bangkit lebih kuat untuk mengisi otonomi bagi pembangunan negara.

Dan yang memimpin acara adalah Letnan Kolonel (P) TNI AL Andike Sry Mutia, S. Sos.

Dari arah Taman Monumen Nasional, terdengar bunyi bip panjang yang menandakan dimulainya upacara proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia bersamaan dengan laporan urutan ke-17 Pangan, sandang dan papan serta meriam guntur. Halaman Istana Merdeka.

Kemudian La Nyalla Mattalitti, Ketua DPRD Provinsi Republik Indonesia, membacakan proklamasi yang digaungkan proklamator Ir 77 tahun lalu. Soekarno adalah tanda bahwa Indonesia bebas dari belenggu penjajahan.

Selanjutnya, Presiden Jokowi mengheningkan cipta sejenak, baik yang hadir di lokasi maupun yang benar-benar hadir, dan memimpin para hadirin ke rombongan inspeksi partai.

Kemudian, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, mengawasi pembacaan doa tersebut.

Selain itu, I Dewa Ayu Firsty Meita Dewannggi, anggota Paskibraka dari Jawa Tengah, membawa bendera merah putih untuk dikibarkan di halaman Istana Merdeka.

Paskibraka lain yang bertugas mengibarkan bendera adalah Mario Adhiyaksa Sihombing dengan bendera, Bramantya Rizky Wiratama dengan bendera, dan Rafly Tri Aditama Susanto, pimpinan Grup 8.

Anggota Paskibraka dari tim Tangguh Pancasila berhasil mengibarkan bendera merah putih bersama Raya, lagu kebangsaan Indonesia.

Merah putih tampak berkibar di pelataran Istana Merdeka.

Aksi prajurit TNI AU yang menerbangkan Skadron 77 kali ini juga merevitalisasi pesta.

Sesaat sebelum melintasi langit di Istana Merdeka, salah satu pilot pesawat tempur merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77.

Dan jangan lupa helikopter besar berbendera merah putih juga terbang melintasi langit istana.

Selain itu, penampilan prajurit Halasena Samudera yang mengibarkan bendera merah putih juga digelar di 77 lokasi di tanah air.

Terakhir, bersama dengan penampilan Hussain Mutahhar ‘Hari Merdeka’ dan instrumen etnik seperti rebana, kendang, selenium dan safés, lagu daerah dan lagu ciptaan Purwakaraka dalam bentuk orkestra “Syukur” karya husen mutahar oleh Gita Bahana Nusantara

Tampilnya penyanyi muda Farel Prayoga yang menyanyikan ”Ojo Dibandingke” membuat suasana semakin hangat. Banyak undangan yang menari di tempat dan melebur mengikuti irama lagu.

Berakhirnya rangkaian upacara tersebut dilaporkan oleh pimpinan partai bahwa upacara awal Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia telah selesai.

Pos terkait