Mengenang HUT RI ke-77, SBY Sebut Bangsa Indonesia Bangsa Yang Sangat Tangguh

Mengenang HUT RI ke-77, SBY Sebut Bangsa Indonesia Bangsa Yang Sangat Tangguh ( Dok. Kompas com )

epanrita.net – Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan bahwa bangsa Indonesia adalah negara yang kuat.

Hal itu disampaikannya melalui video review SBY yang diputar pada upacara pencanangan HUT ke-77 RI pada Rabu, 17 Juli 2022.

Bacaan Lainnya

“Bahwa bangsa Indonesia sejak era kemerdekaan hingga sekarang ini adalah bangsa yang tangguh, pantang menyerah, dan memiliki daya juang yang kuat,” kata SBY, dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

SBY mengatakan, ketahanan negara itu tercermin dari dua peristiwa yang terjadi selama masa kepemimpinannya 2004-2014.

Momen pertama adalah masyarakat Indonesia yang mengalami bencana alam seperti tsunami di Aceh akhir tahun 2004, gempa Yogyakarta dan gempa Padang.

SBY mengatakan bahwa sebagai presiden, dia memastikan kepemimpinan dan manajemen krisis, tetapi dia juga melihat kerja tim dan kerja keras rakyat Indonesia yang luar biasa.

“Akhirnya alhamdulillah bencana bisa kita atasi dan semua daerah yang terkena bencana bisa kita bangun kembali,” kata SBY.

Selain penanggulangan bencana, SBY menilai ketahanan Indonesia juga tercermin dari krisis 2008 yang menimpa hampir setiap negara.

“Lagi,lagi kita tidak panik, tidak kehilangan semangat dan kehilangan akal dan tidaj menyalahkan keadaan. Kita bersatu dan bekerja bersama,” kata dia.

Saat itu, dia mengatakan bahwa krisis dapat diselesaikan melalui kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah, ekonom, pengusaha, kelompok buruh, media, media dan masyarakat setempat.

“Itulah kebersamaan kita, persatuan kita, dan daya juang yang kita tunjukkan dulu. Ekonomi tumbuh rata-rata 6 persen setelah itu, dan kesulitan rakyat bisa kita kurangi secara signifikan,” ujar SBY.

Ia juga yakin bahwa setiap generasi bangsa Indonesia akan terus memiliki kekuatan dan daya juang tersebut.

Pos terkait