Ribuan Triliun Uang Negara yang Diatur Oleh Sri Mulyani, Ternyata Disini Tempat Penyimpanannya!

Rekening Kas Umum Negara (RKUN) adalah kas negara yang masuk ke dalam rekening maka disebut RKUN. (Dok.AntaraNews com)

epanrita.net – Bagi yang tidak tahu dimana selama ini uang negara di simpan, inilah tempat disimpannya ribuan triliun uang negara yang diatur oleh Menteri Keungan.

Banyak orang masih tidak tahu dari mana pemerintah Indonesia mengamankan uang triliribuan triliun uang negara. Hal ini penting mengingat bagaimana dana negara tersebut biasanya digunakan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diatur oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Bacaan Lainnya

Penyetoran dana pemerintah untuk pemerintah Indonesia diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Tahun 2007 No. 39 ditetapkan.

Menurut PP, semua dana milik negara disimpan di kas negara. Perbendaharaan disimpan di rekening bank atas nama negara.

Kas negara tersebut kemudian dimasukkan ke dalam rekening yang dikenal dengan Rekening Kas Umum Negara (RKUN), dimana Menteri Keuangan mengatur dan mengelola pergerakan dana yang masuk dan keluar dari kapasitasnya sebagai Menteri Keuangan.

Selain itu, Pasal 11 Ayat 1 PP No. 39 Tahun 2007 menyebutkan bahwa setiap penambahan atau penerimaan dana negara berasal dari:

  • Penerimaan negara, termasuk penerimaan pajak, penerimaan negara tidak kena pajak, dan hibah
  • Penerimaan pembiayaan, termasuk penerimaan pinjaman,
  • Penerimaan negara lainnya, termasuk penerimaan untuk rekening pihak ketiga.

Pasal 14 PP No.39 Tahun 2007, seluruh pendapatan negara ini disetorkan ke kas dan disimpan dalam rekening di bank sentral, dalam hal ini Bank Indonesia (BI).

Semua penarikan dana dari rekening nasional harus disetujui oleh Menteri Keuangan.

Pasal 11 Ayat 2 PP No.39 Tahun 2007, setiap pengurangan atau pencairan dana negara diakibatkan oleh:

  • Belanja negara
  • Pengeluaran biaya, termasuk pembayaran utang besar, penyertaan modal negara dan pinjaman.
  • Pengeluaran negara lainnya, termasuk pengeluaran atas rekening pihak ketiga.

Perlu diketahui bahwa RKUN tidak hanya memiliki satu rekening untuk mempercepat pemrosesan uang negara. Namun, pemerintah juga dapat membuka banyak sub-rekening milik pemerintah dan rekening lain yang berfungsi sebagai perbendaharaan di bank sentral.

Ketentuan lain mengenai pembukaan dan pengelolaan rekening di kas negara, sub rekening di kas negara dan rekening lainnya diatur dengan peraturan yang diundangkan oleh Menteri Keuangan.

Pos terkait