Honda CB500X Motornya Sang Petualang Sejati, Spek Gahar Siap Libas Segala Medan

Buat para petualang sejati, pabrikan Honda baru saja meluncurkan motor sport bergaya adventure berkapasitas mesin 500 cc. ( Dok. ciriondi com )

epanrita.net – Buat para petualang sejati, pabrikan Honda baru saja meluncurkan motor sport bergaya adventure berkapasitas mesin 500 cc.

Motor adventure tersebut ialah Honda CB500X yang punya spesifikasi gahar dan bisa diadu dengan para kompetitornya di segmen yang sama.

Bacaan Lainnya

Dengan mengusung konsep sebagai motor sport petualang, Honda CB500X ternyata memiliki kelebihan dari beberapa sisi desain serra fitur yang disematkan.

Seperti apa spesifikasi serta harga dari Honda CB500X, motor sang petualang sejati yang siap melibas segala medan ini? Yuk simak ulasaanya.

Dikutip dari kanal YouTube @Otomotif TV, Motor adventure ini dari segi tampilan mirim dengan saudaranya Honda CB150X yang lebih dulu diluncurkan pada 2021 lalu.

Pun demikian dari segi dimensi Honda CB500X punya bodi yang sedikit lebih bengsor dari CB150X, namun tetap terlihat sporty dan elegan.

Hal itu dikarenakan, motor bergaya adventure ini mengusung mesin berkapasitas 500 cc, lebih besar dari CB150X yang hanya berkapasitas 150 cc.

Seperti pada bagian suspensi depan untuk Honda CB500X sudah mengunakan model upside down dengan diameter 41 mm. Jadi makin kokoh untuk melibas semua medan.

Pada bagian headlamnya didesain lebih modern dengan guratan-guratan baru serta sudah mengunakan bholam LED. Demikian juga pada stoplamp dan lampu sein sudah LED.

Bagian speedometernya sudah full digital terdapat informask takometer, suhu mesin dan ada juga jam digital serta beberapa fitur informasi yang terbilang lengkap.

Untuk bagian pengereman, Honda CB500X mengusung double disc brake di sektor depan dengan desain bergelombang yang diapit kaliper dari Nissin dua piston kanan dan kiri.

Fitur keamanan sudah dilengkapi sistem pengereman ABS serta adanya dimmer switch, engine check warning and feflektor samping.

Dengan sistem tersebut akan membuat pengereman lebih maksimal dan tentu pengemudi sefety.

Ditambah lagi pada sektor kaki-kakinya yang mengunakan velg palang berukuran 19 inci di bagian depan dan 17 inci di bagian belakang.

Bicara soal dapur pacu, Honda CB500X mengendong mesin berkubikasi 471 cc, DOHC, dua silinder segaris berpendingin cairan.

Mesin ini mampu menghasilkan power maksimum sebesar 49,6 HP atau setara 35 kW pada putaran mesin di 8.500 rpm.

Dengan mesin gede, motor ini pun telah disematkan fitur yang buat tarikan kopling lebih empuk sehingga buat pengemudi nyaman.

Didesain sebagai motor penjelaja dan touring, kompresi dari Honda CB500X ini tidak terlalu tinggi, hanya 10,7 : 1.

Jadi ketika digunakan untuk touring di daerah-daerah yang susah dapat bbm berkualitas baik sehingga kerja mesinnya tetap terjaga optimal.

Sebagai motor penjelaja, Honda CB500X didukung dengan kapasitas tangki bbm yang mampu menampung hingga 17 liter, serta diklaim mampu menempuh jarak 26 km/liter. Lumayan irit juga ya guys.

Nah soal harga, dengan mengusung mesin berkapasitas 500 cc tentunya Honda CB500X tentu lebih mahal dari CB150X.

Dimana saat diperkenalkan, motor ini ditawarkan dengan harga Rp192 jutaan. Untuk harga segitu tampaknya masih layak untuk motor adventure berkapasitas 500 cc.

Karena jika membandingkan dengan BMW G 650 GS tipe standar yang dibandrol sekitar Rp402 jutaan, maka Honda CB500X masih jauh lebih murah. ***

Pos terkait