Seberapa Bahayanya Tentang Tumor Testis yang Diderita Pemain Dortmud? Begini Kata Dokter

Pemain Baru Borussia Dortmund Sebastian Haller Kena Tumor Testis (dok: Goalcom)

Pesepakbola baru Borussia Dortmund, Sebastien Haller diumumkan menderita benjolan di buah zakarnya. Dia dikirim ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut supaya bisa sembuh kembali.

“Penyerang Pantai Gading berusia 28 tahun itu mengeluh kurang enak badan setelah latihan Senin pagi,”  ungkap Dortmund di situs resminya.

Bacaan Lainnya

Spesialis Bedah Urologi Konsultan dari RSCM, dr Agus Rizal A H Hamid, SpU(K), PhD, mengungkapkan bahwa tumor adalah pembesaran suatu massa yang berkembang di dalam tubuh dan dapat bersifat jinak atau ganas (kanker). Gejala tumor testis mungkin dalam bentuk pembesaran testis atau rambut kemaluan tanpa rasa sakit.

Dia mengatakan Rabu (2022-07-20) dari detik.com, “Tumor artinya semua pembesaran benjolan yang terjadi di tubuh. Bisa jinak bisa juga ganas. Kalau ganas baru disebut kanker,”

“Gejala tumor testis adalah pembesaran testis atau biji kemaluan yang tanpa disertai nyeri,” ungkapnya.

Dr Agus mengatakan penyebab tumor testis masih belum diketahui. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa bentuk testis atau rambut kemaluan.

“Sampai saat ini tidak diketahui dengan pasti. Makanya yang perlu dilakukan adalah menilai apakah perubahan pada bentuk testis atau biji kemaluan,” tambahnya.

Pos terkait