Debut Perdana Gennaro Gattuso Berbuah Manis Saat Laga Dortmund vs Valencia

Debut Perdana Gennaro Gattuso Berbuah Manis Saat Laga Dortmund vs Valencia (Doc, YouTube)

Pelatih Gennaro Gattuso memulai debutnya di Valencia. Mantan manajer Napoli tersebut membawa El Che sebutan Valencia itu meraih kemenangan atas Borussia Dortmund pagi ini pada laga uji coba pertamanya, Selasa (19/7/2022) dini hari WIB.

Valencia menang 3-1 di Altach Cashpoint Arena di Austria. Goncalo Guedes mencetak dua gol pada menit ke-40 dan ke-62 dan Marcos Andre mencetak gol pada menit ke-58. Die Borussen sebutan Dortmund, mencetak gol dari tendangan penalti pada menit 51 oleh Marco Reus.

Bacaan Lainnya

Setelah itu, Valencia menghadapi FC St. Gallen di Sportanlage Buechenwald, Swiss, 20 Juli 2022.

Valencia mengancam terlebuh dahulu lewat kaki Goncalo Guedes pada menit ke-5. Namun tendangannya masih bisa ditepis kiper Dortmund Gregor Kobel.

Dortmund membalas dengan dua peluang beruntun dalam dua menit. Akan tetapi dua peluang ini ternyata tak lain hanya sebatas statistik tembakan ke arah gawang saja.

Giorgi Mamardashvili menyelamatkan tembakan dengan kaki kiri dari Raphael Guerrero. Sementara itu, sundulan Mahmoud Dahoud masih bisa diblok.

Pada menit ke-20, giliran Thorgan Hazard yang mengancam. Akan tetapi, Mamardashvili kembali menjadi penyelamat Valencia.

Tujuh menit berlalu, Raphael Guerrero kembali menguji kekuatan Mamardashvili. Untungnya, gawang Valencia masih aman.

Mamardashvili terus berjuang untuk menyelamatkan gawangnya. Sebuah sundulan dari Jude Bellingham berhasil diamankan pada menit ke-37.

Dortmund terus menyerang, akan tetapi malah Valencia yang berhasil memecah kebuntuan. Pada menit ke-40, umpan Samu Castilego membuahkan gol untuk Goncalo Guedes, mengakhiri babak pertama dengan skor 1-0.

Dortmund memasukkan beberapa pemain muda di babak kedua. Bek baru Bayern Munich Niklas Sule juga disertakan.

Pada menit ke-51 babak pertama, Dortmund mendapatkan penalti setelah Thierry Correia membuat pelanggaran di area terlarang. Marco Reus menyelesaikan penalti dengan baik dan hasilnya berubah menjadi imbang 1-1.

Tetapi tujuh menit kemudian, Valencia kembali memimpin dengan tembakan kaki kanan dari Marcos Andre. Thierry Correia, yang pada sebelumnya membuat kesalahan penalti bagi Dortmund, membayar kesalahan tersebut dengan sebuah assist pada gol ke dua Valencia.

Pada menit ke-62, Goncalo Guedes berhasil menuntaskan dua gol untuk memperbesar keunggulan Valencia. Pemain asal Portugal itu mencetak gol indah dari luar kotak penalti, membuat skor menjadi 3-1.

Susunan Pemain

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Gregor Kobel, Nico Schlotterback, Mats Hummels, Raphael Guerrero, Thomas Meunier, Marco Reus, Mahmoud Dahoud, Jude Bellingham, Youssofa Moukoko, Thorgan Hazard, Karim Adeyemi
Pelatih: Edin Terzic

Valencia (4-2-3-1): Giorgi Mamardashvili, Gabriel, Christian Mosquera, Jose Gaya, Thierry Correia, Carlos Soler, Yunus Musah, Hugo Guillamon, Marcos De Sousa, Goncalo Guedes, Samu Castillejo
Pelatih: Gennaro Gattuso

Pos terkait