Indonesia Siap Jadi Sang Juara di ajang ASEAN Para Games 2022

Siap Sambut Asean Para Games 2022, Bendera APSF Resmi Diserahkan Kepada Wali Kota Solo (dok: Kemenpora)

Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga mengharapkan tim Indonesia bisa meraih kembali cita-citanya menjadi juara umu di ASEAN Para Games 2022. Dia mengatakan faktor tuan rumah akan membantu para pemain menang.

“Kita main di tempat kita sendiri, maka kita harus bisa menunjukkan bahwa kita bisa,” kata Amalie saat meninjau venue atletik ASEAN Para Games XI di Stadion Manahan Kota Solo, Senin, 18 Juli 2022. Bertemu dengan banyak pemain di stadion, ia mengobarkan semangatnya dan mengajak para pemain Indonesia untuk berkompetisi secara maksimal.

Bacaan Lainnya

Selain arena olahraga, Amalie telah menampilkan beberapa arena olahraga lainnya di ASEAN Para Games 2022, antara lain tenis kursi roda di Manahan Tennis Court, venue boccia di GOR Fakultas Keguruan dan Olahraga (FGOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, venue goalball di GOR Kentingan, dan venue sepakbola.

Amali memantau kesiapan beberapa venue bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Ketua National Paralympic Committe (NPC) Indonesia, Senny Marbun dan beberapa staf penyelenggara ASEAN Para Games. Politisi Partai Golkar itu sempat bertemu dengan para pemain masing-masing cabang olahraga saat latihan.

Amali memfokuskan pemain tim Indonesia untuk bisa meraih banyak medali. Di tenis kursi roda, misalnya, ia menargetkan Indonesia mendapatkan medali perak mengingat Malaysia akan menjadi musuh bebuyutan di cabang olahraga tersebut.

“Para atlet harus percaya diri dan mempersiapkan diri dengan baik agar nantinya dapat bertanding maksimal sehingga bisa memberikan hasil terbaik,” kata Amali. ASEAN Para Games akan diadakan secara eksklusif di Kota Solo mulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

Ia juga menilai Kota Solo siap menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Anehnya, Amali mengutamakan persiapannya sendiri. Pihaknya juga memastikan seluruh sarana dan prasarana siap menerima kedatangan atlet dari negara peserta.

“Kami berterima kasih kepada mas Gibran dan pemerintah Kota Solo yang luar biasa karena dalam waktu yang singkat sudah mempersiapkan semuanya. Sesuai pesan Presiden Jokowi, Presiden berharap pelaksanaan ASEAN Para Games untuk kali kedua di Solo ini bisa sukses dan ini butuh bantuan dari semua pihak, termasuk media,” ujar Amali.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yakin para pemain akan mampu meraih prestasi terbaiknya. Gibran mengatakan, “Kota Solo sudah jadi tuan rumah ASEAN Para Games dan yang pertama kali diadakan di tengah pandemi (Covid-19), kami berharap dari atlet segera melaporkan kepada saya jika ada fasilitas yang kurang,”

Pos terkait