Dari Mulai Duta Wisata Sampai Rekreasi Wilayah, Semuanya di Kembangkan Oleh Warga Jakbar

Dari Mulai Duta Wisata Sampai Rekreasi Wilayah, Semuanya di Kembangkan Oleh Warga Jakbar ( Dok. Kompas com )

epanrita.net – Warga Jakarta Barat diajak untuk lebih mengapresiasi potensi wisata masing-masing daerah.

Pemerintah Kota Jakarta Barat telah menghidupkan kembali program Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk meningkatkan kesadaran pariwisata di kalangan warga.

Wali Kota Jakarta Barat In Mutmain mengatakan Pokdarwis merupakan program yang dicanangkan oleh Dinas Pariwisata DKI Jakarta untuk membentuk dinas atau duta pariwisata di masing-masing daerah.

“Agen wisata diharapkan muncul dari kalangan masyarakat. Agen wisata atau duta wisata , diiharapkan bisa menjadi komunikator dan menggerakkan potensi wisata di wilayah masing-masing,” kata Iin di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jumat (19/8/2022).

Dalam program ini, peserta dilatih oleh pakar pariwisata yang disediakan oleh Dinas Pariwisata Jakarta Barat.

Sejauh ini, 72 peserta dari Pokdarwis tersebar di berbagai wilayah di Jakarta Barat.

Peserta akan mendampingi mereka untuk menggali potensi wisata yang ada di daerah tersebut. Peserta juga diajak untuk mempromosikan pariwisatanya melalui media sosial.

“Peserta berlatar belakang berbagai profesi, sehingga menjadi dasar untuk bisa menjadi media untuk berkomunikasi dan memberikan informasi edukasi terkait pariwisata,” jelas Iin.

Ia juga mencontohkan kawasan Pecinan Glodok sebagai salah satu tempat dengan potensi wisata yang nyata di Jakarta Barat.

“Kemarin sudah ada komunitas pecinan ya. Jadi kawasan Pecinan Glodok itu sudah berhasil masuk 50 besar anugerah desa wisata di Indonesia. Itu salah satunya ada peran Pokdarwis di sana,” kata Iin.

Sementara itu, Sonti Pangaribuan, Kepala Sudin Paragraf Jakarta, mencontohkan banyak tempat ibadah di Jakarta Barat yang memiliki potensi wisata.

“Misalnya di Jakarta Barat ternyata banyak tempat ibadah bahkan sudah menjadi cagar budaya,” kata Sonti.

Sonti berharap dapat mempengaruhi perekonomian masyarakat setempat setelah berhasil menggaet destinasi wisata dan wisatawan ternama.

“Jika tempat itu sudah diangkat, dipopulerkan, nanti orang akan datang, begitu orang datang. Maka akan jadi pemasukan. Orang datang bisa saja makan. Sehingga UMKM juga yang terdampak,” kata dia.

Pos terkait