Ratusan Pemancing Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI di Pantai Glagah Kulon Progo

Suasana upacara HUT Kemerdekaan RI di pantai Glagah, Rabu (17/8/2022). ( Dok. Sumber : Tim tvOne - Ari Wibowo )

epanrita.net – Kulon Progo, Jawa Tengah – Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77 selalu banyak yang menggelar dengan cara berbeda tanpa meninggalkan nilai dan semangat perjuangan.

Seperti di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Peringatan 17 HUT RI Ke 77 digelar para pemancing dengan pengibaran Sang Merah Putih di Pantai Glagah, Kecamatan Temon.

Bacaan Lainnya

Meski digelar sederhana namun pelaksanaan upacara hingga pembacaan naskah Proklamasi dengan khidmat. Dipimpin oleh Bhabinkambtibmas setempat, upacara baru digelar pertama kalinya ini diharapkan mampu meningkatkan rasa pratiotisme dan nasiolanisme para pemancing.

Ketua pemancing di Pantai Glagah, Landung, mengatakan, peserta yang mengikuti upacara mencapai 150 orang, meski digelar sederhana namun pelaksanaan upacara hingga pembacaan naskah Proklamasi berjalan dengan khidmat.

“Setidaknya ada 150 pemancing yang mengikuti acara ini, meski sederhana namun berjalan dengan khidmat, setelah selasai upacara dilanjutkan lomba mancing di sepanjang pesisir pantai Glagah” ujar Landung, Rabu (17/8/2022).

Sementara salah satu peserta, Bento Sarino mengatakan, senang bisa ikut acara ini, harapannya tidak hanya diikuti di wilayah Kulon Progo saja namun juga diikuti Purworejo dan Kebumen , Jawa Tengah.

“Saya sangat senang bisa mengikuti upacara ini, harapannya kedepan lebih meriah lagi dan dapat diikuti luar Kulon Progo seperti Purworejo dan Kebumen, Jawa Tengah,” ujar Bento.

Selain bisa bisa menumbuhkan rasa pratiotisme dan nasiolanisme, juga bisa mengembalikan geliat kepariwisataan Kulon Progo, khususnya wisata pantai yang sempat turun karena dampak Covid-19. Masih banyak wisatawan yang trauma untuk berkunjung ke Pantai khususnya di Glagah.

Pos terkait