Emak-Emak di Kudus Adu Kreasi Kuliner Berbahan Dasar Buah Sukun, Dukung Program Presiden Jokowi Cegah Krisis Pangan

Suasana lomba adu kreasi memasak buah sukun di Kudus. ( Dok. Sumber : Galih Manunggal/tvOne )

epanrita.net – Kudus, Jawa Tengah – Puluhan emak-emak di Kudus, Jawa Tengah mengikuti ajang adu kreasi kuliner berbahan dasar buah sukun.

Ternyata, buah sukun bisa disulap menjadi berbagai macam menu kuliner yang lezat dan menggugah selera.

Bacaan Lainnya

Buah sukun yang bernama latin Artocarpus altilis merupakan buah tropis yang bentuknya sekilas menyerupai buah nangka.

Namun, buah sukun memiliki daging buah berwarna putih yang empuk dan manis.

Buah yang mudah dijumpai di pedesaan ini begitu digemari karena bisa diolah menjadi berbagai macam camilan lezat seperti sukun goreng, keripik dan kolak.

Namun, di tangan emak-emak di Kudus, buah sukun bisa di sulap menjadi menu kuliner menarik, lezat dan menggugah selera seperti mi ayam sukun, nasi padang sukun dan keripik daun sukun.

Menurut penyelenggara, Oemi Belinda Tas’an Wartono, mengatakan adu kreasi memasak buah sukun ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI sekaligus mendukung program Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memanfaatkan bahan pangan alternatif dalam rangka mencegah krisis pangan dunia.

“Dalam rangka mempopulerkan buah sukun yang bisa juga dijadikan bahan pokok alternatif seperti pesan Pak Presiden. Ternyata buah sukun bisa dimasak bermacam-macam. Ada mi sukun, stik sukun, keripik sukun dan masih banyak lagi,” jelasnya, Minggu (21/8/2022).

Untuk memeriahkan sekaligus menarik antusias peserta lomba, penyelenggara mendatangkan chef kondang untuk menjadi juri.

“Ternyata makanan kreasi ibu-ibu dan bapak-bapak tadi sangat menarik. Para peserta cukup serius untuk memasak buah sukun jadi bermacam menu. Biasanya hanya digoreng atau direbus. Ini bisa dikreasikan menjadi berbagai macam menu kuliner yang mampu dijadikan bahan pokok pangan alternatif,” kata Junior John Rorimpandey atau yang lebih akrab disapa Chef Juna.

Selain rasanya yang lezat dan bisa diolah menjadi bermacam menu kuliner, buah sukun ternyata menyimpan banyak manfaat bagi tubuh.

Buah ini membantu tubuh melawan radikal bebas, menurunkan kolesterol dan tekanan darah hingga melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Pos terkait