Sebanyak 2.615 Narapidana di Salemba Mendapatkan Remisi HUT ke-77 RI

Sebanyak 2.615 Narapidana di Salemba Mendapatkan Remisi HUT ke-77 RI ( Dok. Kompas com )

epanrita.net – Pada peringatan 77 tahun berdirinya RI, Sebanyak 2.615 Narapidana di Salemba Mendapatkan Remisi HUT ke-77 RI.

Narapidana di Lapas Kelas Dua (La Pas) dan Rutan Kelas Satu (Rutan) Salimba di Jakarta Pusat diberikan kekebalan terhadap mempersingkat masa penahanan mereka.

Dari 2.615 narapidana tersebut, 809 ditahan di Rutan Kelas IA dan 1.806 di Rutan Kelas IIA Salimba.

Direktur Lapas IIA Salemba Yosafat Rizanto mengatakan 16 dari 1.806 narapidana kelas IIA yang diberikan grasi di Lapas Salimba segera dibebaskan pada 17 Agustus 2022.

“Ada 61 narapidana lain sebenarnya mereka bebas, tetapi karena ada dendanya mereka belum bisa bebas hari ini. Denda tersebut digantikan dengan menjalani masa tahanan, jadi setelah mereka menjalani (masa tahanan) baru mereka bebas,” ujar Yosafat dikutip dari keterangannya pada Kamis (18/8/2022).

Yosafat menemukan rata-rata jumlah napi yang mendapatkan grasi terkait kasus narkoba sebanyak 1.536. Sejak itu, 263 narapidana terlibat dalam kasus pidana umum.

“Kasus lain seperti korupsi ada dua narapidana dan human trafficking ada lima narapidana,” ungkap dia.

Menurut Youssef, lama penahanan yang diterima narapidana dikurangi dari satu bulan menjadi enam bulan.

Sementara itu, 246 narapidana tidak diberikan grasi karena alasan disiplin atau divonis enam bulan penjara.

Dalam kasus terpisah, Karutan Salimba Kelas Salemba Fonika Affandi mengatakan 809 hukuman dibebaskan dari 339 narapidana yang ditahan di sana.

Artinya, 54% narapidana mendapatkan grasi di Rutan Kelas IA Salemba dalam rangka HUT ke-77 RI.

“Pemberian remisi ini sebagai stimulus bagi narapidana yang berkelakuan baik dan berperan aktif dalam program pembinaan,” tutur Fonika.

Pos terkait