Video Viral! Pungli Berkedok Buka Tutup Portal Jalan Alternatif Puncak Bogor, Polisi Selidiki Desa

Warga Desa Pandasari menutup akses jalan alternatif pengendara harus bayar jika ingin lewat. (Dok.Okzone)

epanrita.net – Rekaman video yang menunjukkan adanya kegiatan Pungutan Liar (Pungli) yang bermodus buka tutup jalan.

Video pungli yang berkedok buka tutup jalan di Desa Pandansari, Kecamatan Shawi, Kabupaten Bogor, telah beredar di media sosial. Dalam video tersebut, banyak warga terlihat di sekitar gapura bambu.

Bacaan Lainnya

Dalam video yang diunggah publik pada Kamis, 18/08/22, portal bambu digunakan untuk membuka dan menutup akses jalan bagi pengemudi yang lewat. Warga terlihat menutup portal mereka saat mobil hendak lewat.

Kemudian, tampak salah satu warga menghampiri pengemudi tersebut dan meminta uang. Pintu dibuka kembali ketika pengemudi membayar warga desa.

@pemeluk_luka #pemudapancasila #tentaraoren #pungli #fyp #fypシ ♬ suara asli – pernah bahagia

Menanggapi permintaan konfirmasi, Kapolres Ciawi Kompol Agus Hidayat membenarkan perkara tersebut. Ia mengatakan, kejadian berada di jalan alternatif menuju kawasan Puncak Kabupaten Bogor.

“Iya (salah satu jalur alternatif menuju Puncak), yang masuk melalui Masjid Amaliah,” kata Agus saat dimintai konfirmasi.

Agus mengaku telah mendatangi kelompok pemuda di Desa Pandasari. Jika mereka mengulangi kembali tindakan mereka, mereka akan dihukum berat.

“Semalam sudah kita cari dan bicarakan dengan karang taruna Desa Pandansari agar tidak melakukan perbuatannya lagi. Apabila diulangi, akan kami tindak tegas,” jelasnya.

Menurut pelaku, mereka baru pertama kali melakukannya. Polisi juga akan menemui kepala desa untuk membicarakan hal tersebut.

“Pagi ini kami juga akan ke pemerintahan Desa Pandansari,” tuturnya.

Pos terkait