Waspada ! Jika Kamu Mempunyai Aplikasi Ini di Hp Cepat Hapus Karena Bisa Rampok Rekening !

Aplikasi berbahaya bisa meretas hp sampai mencuri data rekening dan transfer otomatis (Dok.Teknologi ID)

Banyak aplikasi Android telah diidentifikasi memiliki Trojan Sharkbot. Aplikasi tersebut berisiko berbahaya dan bahkan dapat mencuri rekening pengguna smartphone.

Ternyata Sharkbot melewati keamanan Google Play Store dengan berpura-pura menjadi aplikasi antivirus. Trojan ini dapat melakukan transaksi yang tidak sah melalui Automatic Transfer System (ATS).

Bacaan Lainnya

“Fitur ATS memungkinkan malware menerima daftar peristiwa yang akan disimulasikan dan mereka akan disimulasikan untuk melakukan transfer uang,” ungkap analis malware perusahaan keamanan siber NCC Group, Alberto Segura dan Rolf Govers, dilansir dari The Hacker News.

Fitur tersebut dapat digunakan untuk mensimulasikan sentuhan dan penekanan tombol. Jadi, tidak hanya mentransfer uang secara otomatis, tetapi juga dapat menginstal aplikasi atau hal-hal berbahaya lainnya.

Maksudnya, ATS dapat digunakan untuk mengelabui sistem deteksi penipuan bank yang ditargetkan. Transfer uang ilegal dengan mensimulasikan serangkaian tindakan yang dilakukan pengguna, seperti mengklik tombol itu secara otomatis.

Tidak hanya itu Sharkbot juga memungkinkan bisa membuat lapisan tiruan antarmuka aplikasi palsu di atas aplikasi perbankan resmi. Tujuannya adalah untuk mencuri kredensial, merekam penekanan tombol, dan mengambil kendali penuh perangkat dari jarak jauh. Hal ini dilakukan dengan syarat bahwa korban memberikan izin Layanan Aksesibilitas.

Dengan peluncuran Google Play Store pada 28 Februari, banyak aplikasi Dropper yang menggunakan fungsi Direct Reply Android untuk menyebar ke perangkat lain. Ini menjadikan Sharkbot sebagai Trojan perbankan kedua yang mampu memblokir notifikasi serangan wormable setelah Flubot.

Berikut adalah aplikasi yang dilaporkan diperbarui pada 10 Februari.

  • ¬†Antivirus, Super Cleaner

(com.abbondioendrizzi.antivirus.supercleaner)

  • Atom Clean-Booster, Antivirus

(com.abbondioendrizzi.tools.supercleaner)

  • Alpha Antivirus, Cleaner

(com.pagnotto28.sellsourcecode.alpha)

  • Powerful Cleaner, Antivirus

(com.pagnotto28.sellsourcecode.supercleaner)

Pos terkait