Selayar Waspadai Masuknya Cacar Monyet

Wakil Bupati Selayar, Saiful Arif, minta warga terapkan protokol kesehatan cegah masuknya penyakit cacar monyet di Selayar. ( Dok. Sumber : arsil ikhsan )

epanrita – Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan – Antisipasi masuknya penyakit cacar monyet yang saat ini menjadi perhatian di berbagai wilayah, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar Wakil Bupati Kepulauan Selayar, ingatkan warga untuk tingkatkan kewaspadaan mengingat Selayar adalah pelabuhan persinggahan, maupun perlintasan pelayaran.

“Penyakit cacar monyet merupakan salah satu penyakit yang saat ini tengah mendapatkan perhatian dan perbincangan di tengah masyarakat, jadi tidak ada salahnya kalau kita segerakan langkah antisipasi, soalnya Kepulauan Selayar adalah daerah perlintasan yang merupakan pelabuhan singgah kapal-kapal dari Indonesia Barat dan Timur. Saya juga sudah perintahkan ke Kadis Kesehatan, bahwa perlu langkah antisipasi sebelum virus ini masuk ke Selayar,” jelas Wakil Bupati, Saiful Arif, Rabu(24/8/2022).

Bacaan Lainnya

Pemerintah Kepulauan Selayar saat ini melakukan tindakan preventif untuk meminimalisir kemungkinan tersebarnya kasus cacar monyet di tengah masyarakat Indonesia secara khusus di Kabupaten Kepulauan Selayar, mengingat saat ini salah seorang pasien tengah di rawat di salah satu rumah sakit di makassar, yang dicurigai merupakan kasus pertama cacar monyet di Sulawesi Selatan. Meskipun belum ada temuan kasus cacar monyet di Kepulauan Selayar.

“Apalagi saya dapat informasi bahwa sudah ada yang dicurigai suspect cacar monyet saat ini di rawat di salah satu rumah sakit di Makassar, pencegahan jauh lebih baik dan lebih murah dari pada penanggulangan,” jelas Saiful Arif.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran ataupun penularan penyakit cacar monyet ini adalah dengan tetap terapkan pola hidup bersih dan sehat dengan menggunakan masker, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan menggunakan sabun. Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat, agar segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat, apabila mengalami gejala cacar monyet seperti demam, dan muncul ruam pada kulit.

Pos terkait