Waspada! 4 Kebiasaan Penyebab Sembelit, Sering Dilakukan Tanpa Disadari

Waspada! 4 Kebiasaan Penyebab Sembelit, Sering Dilakukan Tanpa Disadari (Dok : 8guava com)

epanrita.net – Perut terasa penuh dan tekadang juga diikuti oleh rasa nyeri, ketika sedang sembelit. Sembelit menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk buang air besar dan frekuensinya menajdi sangat jarang.

Apakah Anda sering merasa susah buang air besar (BAB)? Masalah pencernaan atau susah BAB, yang dikenal juga sebagai konstipasi atau sembelit, dapat terjadi pada siapa saja.

Terkadang, konstipasi juga disertai dengan rasa sakit mulas yang berlebih, sehingga membuat orang-orang tidak nyaman saat hendak atau sedang BAB.

Permasalahan susah BAB pun tak jarang mengganggu kegiatan sehari-hari. Bayangkan saja jika Anda sedang sibuk bekerja atau melakukan aktivitas lain, kemudian muncul rasa mulas dan tidak nyaman pada perut. Akan tetapi saat Anda sudah siap duduk di toilet, ternyata Anda malah mengalami sembelit.

Jika Anda sering merasa susah BAB, ada baiknya mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum mencari tahu cara mengatasinya. Pasalnya, penyebab sembelit ada bermacam-macam dan dapat berbeda-beda setiap orang. Di bawah ini 4 penyebab susah BAB yang perlu Anda ketahui:

Gaya hidup yang tidak sehat

Jika Anda gemar menyantap makanan berlemak atau mengonsumsi kafein, bisa jadi itu adalah salah satu alasan mengapa pencernaan kurang lancar. Selain itu, ketergantungan terhadap obat juga dapat menyebabkan efek samping sembelit.

Pos terkait