Sebut Cacar Monyet Lebih Susah Menular, Menkes Minta Masyarakat Tidak Khawatir

Sebut Cacar Monyet Lebih Susah Menular, Menkes Minta Masyarakat Tidak Khawatir (Dok : tribunnews com)

epanrita.net – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat agar tidak khawatir menyusul masuknya cacar monyet (monkeypox) ke Indonesia.

Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan RI, mengatakan penularan bahwa penularan monkeypox atau cacar monyet lebih sulit dibanding Covid-19.

Bacaan Lainnya

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak panik berlebihan dalam menanggapi ditemukannya kasus monkeypox yang dikonfirmasi di Indonesia.

Tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), disiplin protokol kesehatan, dan menghindari kontak dengan orang yang terinfeksi.

Dalam konferensi pers virtual, Senin (22/8/2022), Menkes Budi mengatakan “Jangan khawatir sudah ada kasus di Indonesia. Lakukan PHBS. Kalau ada orang ada ruan segera lapor, jangan berkontak fisik, karena gejalanya sangat jelas ada di wajah, dan di genital khusus di cacar monyet. Serta prokesnya dijaga,”.

Ia menuturkan, penyakit cacar monyet menular saat bergejala.

Berbeda sama Covid-19 sudah menular juga lebih cepat menularnya. Kalau cacar monyet menunggu ada ruam dulu baru menular. Kalau belum ada ruam tidak menular. Sehingga menghindarinya lebih mudah,” tutur dia

Mantan wamen BUMN ini mengatakan, penularan cacar monyet juga tidak melalui udara, sehingga tidak semudah Covid-19.

Monkeypox harus dengan kontak fisik. Jadi memang bisa terjadi penularannya tapi susah nularnya,” ujar Menkes.

Pos terkait