Mengenal Cacar Monyet, Ciri-ciri, Penyebab, Penularan Serta Cara Mencegahnya

Mengenal Cacar Monyet, Ciri-ciri, Penyebab, Penularan Serta Cara Mencegahnya (Dok : tribunnews com)

epanrita.net – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengumumkan temuan kasus cacar monyet atau monkeypox pertama di Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI mengonfirmasi penemuan kasus pertama cacar monyet atau monkeypox pertama di Indonesia pada Sabtu (20/8/2022).

Bacaan Lainnya

Kasus cacar monyet ditemukan oleh seorang laki-laki warga negara Indonesia berusia 27 tahun dari Jakarta.

Menurut penelitian, warga tersebut dipastikan memiliki penyakit cacar monyet setelah bepergian ke luar negeri pada 11 Agustus 2022 dan tiba di Jakarta pada 18 Agustus 2022.

Dikutip dari b2p2vrp.litbang.kemkes.go.id, cacar monyet adalah penyakit zoonosis langka yang disebabkan oleh infeksi virus monyet.

Walaupun memiliki nama cacar monyet, namun hewan monyet bukanlah reservoir utama penyakit ini.

Lantas bagaimana cara penularan cacar monyet? Simak penjelasan penularan cacar monyet berikut ini.

Cara Penularan Cacar Monyet

Penularan cacar monyet dari manusia ke manusia yakni melalui kontak langsung dengan luka infeksi, koreng, atau cairan tubuh penderita cacar monyet, dikutip dari b2p2vrp.litbang.kemkes.go.id.

Penyakit ini juga dapat menyebar melalui droplet pernapasan ketika melakukan kontak dengan penderita secara berkepanjangan.

Virus juga dapat melewati plasenta dari ibu hamil ke janin.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa virus cacar monyet dapat menular ketika seseorang bersentuhan dengan virus dari hewan yang terinfeksi, orang yang terinfeksi, atau bahan yang terkontaminasi virus monkeypox.

Pos terkait