Inilah 5 Penyebab Turunnya Produksi Kolagen pada Tubuh, Paling Sering Dilakukan!

Inilah 5 Penyebab Turunnya Produksi Kolagen pada Tubuh, Paling Sering Dilakukan! (Dok : validnews id)

epanrita.net – Tubuh dapat memproduksi kolagen secara alami, kolagen menjadi salah satu bagian pada tubuh yang cukup penting. Hal ini karena kolagen berfungsi untuk mempertahankan kondisi kulit.

Kolagen merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh pria dan wanita. Karena itu, setiap orang harus tahu cara memenuhi kolagen. Setidaknya ada lima alasan untuk faktor reduksi kolagen dalam tubuh.

Bacaan Lainnya

Menurut ahli gizi dan ahli kesehatan dr. Yohan Samudra, Sp.GK. Kolagen dapat diperoleh dengan konsumsi daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, susu telur, dll.

Yohan juga menyebutkan bahwa setiap orang membutuhkan kolagen. Entah itu laki-laki atau perempuan.

Laki-laki dan perempuan perlu kolagen,” ucap tegasnya pada konferensi pers Nutriville di Gran Indonesia Jakarta, Kamis (19/8/2022).

Lalu seberapa penting kolagen untuk tubuh kita?

Menurut dr Yohan, kolagen dikaitkan dengan kesehatan kulit, dan salah satunya adalah penuaan. Faktanya, penuaan tidak terjadi karena penuaan.

Bahkan di usia muda, kulit mungkin terlihat tua. Tanda-tandanya adalah kulit keriting, lembut, elastisitas rendah, penampilan tidak kusam.

Penuaan kulit yang begitu cepat dikarena kekurangan kolagen. Dan terlihat dari kulit kita,” ucapnya lagi.

Kemudian, ketika kolagen rendah dalam tubuh, kolagen dalam tubuh kita berkurang. Kulit yang sehat tidak perlu bersinar. Tetapi juga harus memberikan nada dan bentuk yang fleksibel dll.

Karena itu, perlu diketahui faktor-faktor mana yang menyebabkan penurunan kolagen dalam tubuh.

Pertama, paparan terlalu banyak polusi sebenarnya dapat mengurangi kadar kolagen. Paparan polusi dapat diperoleh dari gas buang atau tenaga kerja yang tinggal di lahan tanaman.

Kedua karena rokok dan alkohol. Ketiga, efek kurang tidur, bergadang dan stres. Keempat karena paparan radikal bebas yang menyebabkan kulit menjadi keriput.

Salah satunya bisa dari paparan sinar matahari. Kebanyakan masyarakat kita terkena paparan ultraviolet A. Dan ini bisa menyebabkan kolagen turun. Ultraviolet A banyak ditemukan di atas jam 10,” tegasnya.

Kelima, khusus pada perempuan, kolagen menurun disebabkan karena masalah hormonal. Terutama pada usia 20 tahun ke atas, secara alamiah kolagen turun 1-1,5 persen pertahunnya secara natural.

Pada perempuan menopause, estrogen mengalami penurunan. Akibatnya, kolagen ikut menurun. Pada kulit langsung kelihatan keriput dan kusam,” pungkasnya.

Pos terkait