Mengenal Penyakit Malaria, Ketahui Penyebab dan Gejala yang Perlu Diwaspadai

Mengenal Penyakit Malaria, Ketahui Penyebab dan Gejala yang Perlu Diwaspadai (Dok : duniawanita net)

epanrita.net – Salah satu penyakit serius yang disebabkan gigitan nyamuk adalah malaria. Penyakit malaria ini menjadi penyakit yang berpotensi mengancam jiwa.

Periksa apakah Anda menderita malaria, dari penyebab malaria hingga pencegahannya.

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit yang disebut Plasmodium.

Ada empat jenis plasma yang menyebabkan malaria: plasmodium hidup, plasmadium oval, plasmadium malaria dan plasmodium sabit.

Perut kembung yang ditularkan nyamuk kemudian berkembang biak di organ-organ hati, yang menginfeksi sel darah merah, dan penyakit malaria ini ditularkan melalui gigitan nyamuk anophyllis betina yang terinfeksi parasit.

Selain gigitan nyamuk, malaria dapat menyebar ke manusia melalui donor organ, transfusi darah dan dari ibu ke janin yang terinfeksi.

Menurut data global, penyakit malaria ini dapat membunuh satu anak setiap 30 detik dinkes.kulonprogokab.go.id sekitar 300-5 juta orang terinfeksi, dan sekitar satu juta orang meninggal karena malaria setiap tahun.

Selain itu, 90% kematian terjadi di Afrika, terutama di kalangan anak-anak.

Berikut penyebab penyakit malaria:

Plasmodium Vivax

Parasit ini cenderung menimbulkan gejala yang lebih ringan dan menyebabkan kambuh ketika daya tahan tubuh menurut, parasit ini juga dapat bertahan di organ hati jangka waktu beberapa bulan bahkan tahun.

Plasmodium Ovale

Meskipun parasit ini tergolong tidak berbahaya, tetapi bisa mneyebabkan penyakit lainnya yakni anemia atau biasa disebut kekurangan darah.

Plasmodium Malarie

Parasit ini bisa mengalami infeksi yang kronis serta mengalami gangguan fungsi organ ginjal, meskipun timbul gejala setelah lama terinfeksi.

Plasmodium Falciparum

Parasit ini dikatakan paling berbahaya karena dapat mrnimbulkan berbagai komplikasi, kejang, hingga koma.

Pos terkait